Virus Corona Bikin Enggak Bisa Nongkrong? Bikin Aja Minuman Ala Cafe Di Rumah Dengan 8 Resep Ini!
Pixabay
Kuliner

Jika bosan di rumah saat karantina mandiri dari virus corona kalian bisa mengakalinya dengan membuat hidangan yang nikmat di rumah, salah satunya membuat minuman nikmat ala cafe.

WowKeren - Wabah virus corona atau COVID-19 saat ini makin meluas. Beberapa negara sudah terinfeksi virus ini yang membuat banyak badan kesehatan kewalahan. Di Indonesia sendiri, jumlah pasien positif terinfeksi COVID-19 sudah menembus angka 1400 perhari ini, Selasa (31/3).

Pemerintah sudah memberi himbauan kepada masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri untuk mencegah penularan makin meluas. Beberapa sekolah dan universitas telah meliburkan muridnya dan menjalankan pembelajaran online. Tak hanya itu, kantor juga telah menerapkan sistem work from home atau bekerja di rumah.


Tentu saja masyarakat juga diimbau untuk tidak meninggalkan rumah jika tak memiliki kepentingan yang mendesak. Diam di rumah tentu lama-kelamaan akan membosankan, namun kalian bisa mengakalinya dengan membuat hidangan yang nikmat di rumah.

Salah satunya membuat minuman nikmat ala cafe yang mudah di buat di rumah. Penasaran dengan apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 8 resep minuman kekinian yang bisa kalian buat di rumah. Enggak usah jauh-jauh pergi ke cafe!

(wk/putr)

1. King Mango Thai


King Mango Thai

King mango beberapa waktu lalu sempat menjadi minuman hits yang digemari masyarakat. Menggabungkan 3 olahan mangga sekaligus, king mango menjadi minuman yang menyegarkan. Bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemui di rumah. Kalian tinggal memerlukan 2 buah mangga, 2 sendok makan gula pasir, 3 sdm susu kental manis, 50 gr whipped cream bubuk dan 100 ml air es.

Cara membuatnya juga gampang. Kalian tinggal kupas mangga hingga bersih. Ambil sedikit mangga untuk topping, potong dadu, sisihkan. Blender mangga, gula pasir, SKM dan es blok hingga halus. Masukkan dalam gelas, jangan terlalu penuh, tambahkan whipped cream di atas jus mangganya. Tutup dengan topping mangga potong dadu tadi, sajikan deh!

2. Es Kopi Susu Gula Aren


Es Kopi Susu Gula Aren

Kopi susu gula aren dikenal sebagai minuman klasik yang ada di kedai kopi kekinian. Namun meski begitu, bahan yang digunakan enggak sulit dicari loh. Bahannya hanya 1 sdm penuh kopi bubuk, 150 ml air mendidih, 50 gr gula aren/gula jawa, 50 ml air, 100 ml susu UHT/susu segar/evaporated milk dan es batu secukupnya.

Cara membuatnya kalian pertama-tama haru masak gula aren hingga mendidih dan gula larut lalu sisihkan. Setelah itu seduh kopi dengan air mendidih, tunggu hingga hangat. Lalu tuang 4 sdm atau secukupnya cairan gula, masukkan es batu, tuang susu lanjut tuang kopi tanpa ampas. Sajikan minuman tersebut dan jangan lupa di aduk jika ingin menikmatinya ya.

3. Blue Ocean Soda


Blue Ocean Soda

Kalau sedang ke cafe pas cuaca lagi panas pasti ingin yang segar-segar kan. Kalian bisa pesan blue ocean soda. Minuman satu ini warnanya adem di mata dan rasanya segar di tenggorokan. Nah daripada ke cafe, kalian bisa saja bikin sendiri.

Pertama siapkan segelas air soda biru dan es batu. Lalu siapkan pula sepertiga gelas sirup jeruk. Cara membuatnya tinggal campur sirup jeruk dan soda biru. Biar tampilannya keren seperti di cafe, kalian tinggal tambahkan potongan jeruk Sunkist di bibir gelas. Tambahkan es pada minumannya dan kalian pun siap rileks sambil menikmati minuman segar itu.

4. Dalgona Coffe


Dalgona Coffe

Minuman satu ini saat ini sedang sangat viral di Korea. Meski terlihat sangat "cafe" namun ternyata cara membuat kopi ini sangat mudah loh. Bahannya juga sederhana seperti 4 sdm kopi instan, 4 sdm air mendidih, 2 gelas susu dan gula pasir secukupnya. Cara membuatnya juga sangat mudah loh.

Pertama, kalian masukkan kopi dan gula ke dalam wadah, lalu masukkan air panas. Kemudian mixer adonan dengan kecepatan tinggi hingga tekstur berubah menjadi kental. Idealnya mixer selama 15 menit. Terakhir, tuang susu hingga setengah gelas. Kemudian masukkan adonan kopi berbusa 12 sdt dan sajikan. Jika ingin hangat, kalian bisa menghangatkan susu terlebih dahulu. Namun jika ingin dingin, kalian bisa menambahkan es batu pada susunya.

5. Royal Hot Chocolate


Royal Hot Chocolate

Cokelat hangat memang bisa membuat perasaan jadi lebih baik. Cokelat hangat juga bisa menurunkan berat badan dan meningkatkan kinerja otak juga loh. Membuat cokelat hangat ala cafe di rumah ternyata enggak susah loh. Kalian hanya perlu menyiapkan sebatang cokelat masak yang sudah dicincang kasar dan krim kental sebanyak 100 ml.

Sediakan pula susu putih cair 300 ml plus sesendok makan gula pasir. Cara membuatnya, kalian bisa langsung panaskan krim dan susu putih. Jika sudah hangat campur dengan cokelat cincang dan gula. Diamkan 30 detik lalu aduk rata. Panaskan campuran tersebut 2 menit sembari terus diaduk. Setelah itu cokelat hangat dan nikmat siap disajikan.

6. Milo Dinosaur


Milo Dinosaur

Minuman yang satu ini cocok banget untuk kalian yang suka minuman dengan cokelat melimpah. Milo merupakan produk minuman cokelat yang digemari oleh banyak orang. Nah cafe pun seringkali menyediakan minuman Milo ini namun cara penyajiannya beda dan membuat kalian jadi ketagihan.

Kamu bisa banget nih bikin Milo Dinosaur. Caranya tingga sediakan 4 bungkus Milo dan sesendok gula. Sediakan air panas dan air dingin serta es batu. Nah larutkan gula dan 3 bungkus milo pakai air hangat. Setelahnya tambah air dingin dan es batu. Lalu taburkan sebungkus milo sisa di atasnya. Nah minumannya siap dinikmati deh.

7. Mocha Frappuchino


Mocha Frappuchino

Buat yang enggak begitu suka kopi, frappuccino mungkin sering jadi pilihan untuk diminum saat lagi hangout di kafe atau kedai kopi. Kalau selama ini kalian kira frappuccino hanya bisa dibuat oleh seorang barista, ternyata minuman satu ini bisa di buat sendiri loh. Bahan yang dibutuhkan yakni 2 sendok makan kopi bubuk, 2-3 sendok makan sirup cokelat, 100 ml air mendidih, 1 sendok makan gula pasir, 100 ml susu putih cair dan 1 gelas es batu

Cara membuatnya juga enggak ribet. Pertama, seduh kopi bubuk dengan air mendidih. Aduk rata, saring untuk membuang ampasnya, dan simpan selama 8-10 menit di dalam kulkas. Masukkan es batu, kopi dingin, susu cair, gula, dan sirup cokelat ke dalam blender. Halus dan campurkan semua bahan tersebut selama 20-30 detik atau sampai lembut. Tuang deh ke dalam gelas saji.

8. Ice Cold Brew Coffe


Ice Cold Brew Coffe

Minuman ini merupakan kopi hitam yang disajikan dengan seduhan air dingin. Cold brew misalnya. Minuman khas cafe ini dibuat dengan diseduh air dingin tanpa tersentuh air panas sedikitpun. Minuman ini dibuat dengan cara diseduh air yang bersuhu ruangan sekira 25 derajat celcius.

Kalian bisa bikin cold brew juga di rumah loh. Pertama sediakan 500 ml air beserta kopi 5 sdt dan gula cair. Caranya campur kopi dan air lalu aduk rata. Masukkan dalam botol kaca dan diamkan di kulkas sampai 16 jam. Saring kopi lalu tambahkan gula cair sesuai selera. Kalian bisa menambah topping minuman ini sesuai selera. Bisa susu cair atau susu kental manis.

Intip juga yuk beberapa dessert kekinian yang bisa kalian buat di rumah selama masa karantina mandiri di sini. Simak juga yuk tips menyimpan makanan tanpa kulkas untuk persediaan di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel