Kulit Ketiak Menghitam Turunkan Rasa Percaya Diri? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Lifestyle

Kulit ketiak yang menghitam dapat menurunkan rasa percaya diri disebabkan oleh berbagai faktor. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya.

WowKeren - Kulit ketiak hitam bisa menurunkan rasa percaya diri terutama ketika kita sedang mengenakan busana tanpa lengan. Orang-orang mungkin akan memperhatikan kita dan memandang kita dengan tatapan aneh.

Ketiak hitam sendiri disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari kebiasaan yang buruk, hormon, kelainan tubuh dan sebagainya. Masalah-masalah ini perlu diketahui agar kita bisa mencari cara yang tepat untuk mengatasinya. Apalagi jika penyebabnya adalah karena kebiasaan yang sering kita anggap sepele. Nah apa kamu mau tahu apa saja penyebab ketiak hitam? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Faktor Genetik dan Hormonal


Faktor Genetik dan Hormonal

Penyebab pertama ketiak bisa menghitam adalah karena faktor genetik dan hormon. Acanthosis Nigricans (AN) adalah salah satu gejala dari penyakit tertentu yang biasanya menyebabkan kulit menggelap dan menebal di lipatan tubuh. AN ternyata memiliki hubungan erat dengan faktor keturunan. Jika seseorang memiliki keluarga dengan riwayat AN, maka dia berisiko mengalami kondisi ketiak hitam.

Selain itu, kelainan pada hormonal juga bisa menjadi penyebab ketiak menghitam. Beberapa penyebabnya antara lain PCOS atau Sindrom Ovarium Polikistik, kelenjar tiroid yang kurang aktif, kondisi hormon cortisol dan kelebihan hormon pertumbuhan pada tubuh.

2. Kebiasaan Mencukur dan Mencabut Bulu Ketiak yang Salah


Kebiasaan Mencukur dan Mencabut Bulu Ketiak yang Salah

Beberapa orang terbiasa mencukur bulu ketiak karena menganggapnya tidak higienis. Namun rupanya hal ini malah menjadi penyebab umum ketiak menghitam loh. Kulit ketiak hitam bisa terjadi ketika sel-sel pigmen diproduksi lebih cepat dari kondisi normal. Jika dilakukan secara teratur, kondisi ini dapat menyebabkan produksi sel pigmen berlebihan hingga menyebabkan kulit menjadi lebih gelap.

Selain kebiasaan mencukur, mencabut bulu ketiak tanpa dibersihkan juga bisa menyebabkan kulitnya menghitam. Setelah bulu dicabut, pori berada dalam keadaan terbuka dan kotoran apapun bisa masuk dengan mudah. Karena itulah sebaiknya cuci bersih ketiak untuk memastikan sisa produk deodoran atau antiperspiran sudah bersih.

3. Pisau Cukur Jarang Diganti


Pisau Cukur Jarang Diganti

Jarang mengganti pisau cukur juga dapat menyebabkan kulit ketiak menghitam. Mencukur bulu ketiak dengan pisau cukur yang kotor dan tumpul dapat memicu iritasi pada kulit. Sebaliknya jika pisau cukur tajam, kamu tidak harus menekannya kuat-kuat saat membersihkan bulu ketiak.

Karena itulah pastikan untuk mengganti pisau cukur secara berkala. Paling tidak, ganti setiap sebulan sekali atau sesuai dengan kondisi. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari risiko iritasi saat mencukur bulu ketiak.

4. Penggunaan Produk yang Salah


Penggunaan Produk yang Salah

Penggunaan produk yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab kulit ketiak menghitam. Produk yang dimaksud misalnya deodoran, krim pencukur maupun sabun. Penggunaan deodoran yang salah dan tidak cocok dengan kulit kita bisa menimbulkan reaksi seperti gatal dan iritasi. Jika tak kita sadari, kondisi ini akan menyebabkan kulit ketiak menghitam.

Begitu pula dengan krim pencukur rambut. Krim ini sendiri dipakai untuk menghilangkan rambut secara halus. Namun di dalamnya terkandung berbagai bahan kimia yang justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan membuat ketiak menghitam.

5. Penggunaan Baju yang Terlalu Ketat


Penggunaan Baju yang Terlalu Ketat

Penyebab ketiak hitam berikutnya yang mungkin tak kamu sadari adalah soal pemilihan busana, khususnya pakaian yang terlalu ketat. Selain menyebabkan rasa tidak nyaman saat bergerak, pakaian yang terlalu ketat juga menimbulkan gesekan pada kulit yang akan membuat ketiak menggelap.

6. Konsumsi Obat-Obatan


Konsumsi Obat-Obatan

Kondisi ketiak yang gelap juga bisa menjadi respon terhadap apa yang kita konsumsi. Misalnya jika kita tengah menjalani pengobatan, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi obat tertentu, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak.

Namun siapa sangka jika mengkonsumsi beberapa jenis obat juga bisa membuat kulit ketiak menghitam akibat berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Di antara jenis obat yang dapat menyebabkan kulit ketiak menghitam adalah pil KB, niasin dosis tinggi dan kortikosteroid.

7. Infeksi Bakteri dan Penumpukan Sel Kulit Mati


Infeksi Bakteri dan Penumpukan Sel Kulit Mati

Infeksi bakteri bernama erythrasma juga berpeluang untuk menyebabkan kulit ketiak menghitam. Kondisi ini sendiri menyebabkan munculnya bercak coklat kemerahan yang sedikit bersisik dengan batas yang tegas. Bercak itu biasanya terasa gatal dan kerap muncul saat cuaca sedang hangat. Jika kamu memiliki berat berlebih atau menderita diabetes, risiko mengalami infeksi ini akan lebih besar.

Selain itu, penumpukan sel kulit mati juga dapat menyebabkan ketiak menghitam. Penumpukan sisa produk yang bercampur dengan kotoran, debu dan keringat di ketiak akan memicu penumpukan sel kulit mati yang akan membuat ketiak menggelap. Karena itulah sebaiknya bersihkan kulit ketiak secara rutin agar sel-sel kulit mati bisa menghilang.

8. Masa Kehamilan


Masa Kehamilan

Sebagian ibu hamil dapat mengalami perubahan atau gangguan kulit, salah satunya adalah kondisi ketiak menghitam. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon yang dapat meningkatkan produksi melanin, khusususnya estrogen yang meningkatkan produksi melanosit, sel yang memproduksi melanin. Meski demikian, kondisi ini tergolong musiman dan kulit ketiak hitam biasanya akan memudar dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

Demikian delapan penyebab kulit ketiak menghitam yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan ketiak yang menghitam. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah yang kering.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait