Pemerintah Larang WNA Ke Indonesia, 39 TKA Asal Tiongkok Malah Masuk Lewat Bintan
Nasional

Sebelumnya pemerintah telah menetapkan larangan Warga Negara Asing (WNA) masuk Indonesia. Namun kini puluhan warga asal Tiongkok malah masuk ke Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

WowKeren - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly resmi melarang warga negara asing (WNA) untuk masuk maupun transit di wilayah Indonesia demi menekan penyebaran virus corona (Covid-19) di Tanah Air. Aturan tersebut akan berlaku mulai 2 April 2020 sampai waktu yang tak ditentukan.

Namun saat keputusan itu baru berlaku mulai besok, belum lama ini puluhan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok malah masuk ke Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, melalui Pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban. "Benar, hari ini ada sekitar 39 TKA asal China masuk ke Kabupaten Bintan," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang, Agus Jamaludin di Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (31/3).

Agus juga menerangkan bahwa puluhan TKA tersebut sudah menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan langsung disemprot disinfektan saat sampai di pelabuhan. Mereka juga membawa surat sehat dan tidak menunjukkan gejala Covid-19.


"Mereka juga dilengkapi surat keterangan sehat dari negaranya," tambah Agus. Ia juga mengatakan belum mengetahui secara pasti perihal kepentingan mereka ke Indonesia. Agus hanya mengetahui para TKA itu akan menuju ke PT Bintan Alumina Indonesia (BAI). "Saya tidak tahu pasti, silahkan konfirmasi ke PT BAI atau Disnaker Bintan," tutur Agus.

Photo-INFO

Instagram

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan, Indra Hidayat mengaku sudah menerima informasi mengenai kedatangan puluhan TKA asal China itu. Kendati demikian, pihaknya bersama tim terpadu yang meliputi Disnaker Bintan, Disnaker Provinsi Kepri, Polres, Dinas Kesehatan, Imigrasi Tanjungpinang, Badan Intelijen Negara (BIN) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), akan segera melakukan pemeriksaan terhadap puluhan tenaga kerja asing tersebut. "Insya Allah, besok kami akan turun pemeriksaan ke PT BAI," pungkas Indra.

Kini video kedatangan puluhan WNA asal China saat sampai di pelabuhan beredar di media sosial. Lantas banyak dari netizen yang mengaku khawatir dengan kedatangan mereka.

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait