Menkes Terawan ‘Lenyap’ Di Tengah Perang Lawan Corona, Bagaimana Nasib PSBB?
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto seolah ‘lenyap’ saat Indonesia mulai genting dalam menghadapi virus corona, lantas bagaimana nasib PSBB?

WowKeren - Kasus virus corona (COVID-19) di Indonesia terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap harinya. Dilansir covid.go.id hingga Rabu (1/4), kasus corona di Indonesia mencapai 1.677 pasien positif.

Presiden Joko Widodo akhirnya memberlakukan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dalam PP PSBB ini, peran dan kewenangan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sangatlah besar.


Bahkan, kewenangan Menkes Terawan sendiri juga diatur dalam pasal 2 di PP PSBB. Ia merupakan orang yang berhak menentukan dan memutuskan apakah suatu wilayah dapat menerapkan status PSBB atau tidak.

Pertama, pasal 2 ayat (1). Di pasal tersebut, dalam menerapkan PSBB, Pemerintah Daerah harus terlebih dulu mendapat persetujuan dari Terawan selaku Menkes. Berikut petikan pasalnya:

(1) Dengan persetujuan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan, Pemerintah Daerah dapat melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau pembatasan terhadap pergerakan orang dan barang untuk satu provinsi atau kabupaten/kota tertentu.”

Namun, keberadaan Terawan belakangan ini jarang terlihat oleh publik. Ia dinilai ‘lenyap’ di tengah wabah corona. Apalagi, Terawan juga tidak hadir saat Presiden Jokowi mengumumkan status Kondisi Kedaruratan Masyarakat (KKM) dan memberlakukan PSBB pada Selasa (31/3) kemarin.

Padahal, menurut UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan Pasal 49 ayat (3), penetapan PSBB seharusnya dilakukan oleh Menkes Terawan. Namun, ia tidak terlihat mendampingi Jokowi saat konferensi pers di Istana Bogor.

Tida hanya itu, Terawan juga hampir tidak pernah tampil di muka publik beberapa waktu ini. Hal ini terlihat kala ia tidak mendatangi peninjauan fasilitas kesehatan. Padahal, Jokowi justru datang ke Wisma Atlet Kemayoran didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Penampilan terakhir Terawan di depan publik terjadi saat mendampingi Menhan Prabowo Subianto menerima bantuan alat kesehatan dari Tiongkok pada 23 Februari lalu. Saat itu, ia terlihat tidak banyak bicara.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts