Jangan Sampai Salah Jenis, Masker Ini Yang Bisa Dipakai Untuk Tangkal Corona
Health

Pemerintah mewajibkan warga untuk menggunakan masker kain ketika terpaksa beraktivitas di luar rumah. Namun masker kain jenis inilah yang dinilai paling efektif menangkal virus.

WowKeren - Belum lama ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau masyarakat untuk aktif menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Langkah ini kemudian diterapkan pula di Indonesia lewat edaran Kementerian Kesehatan.

"Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO, kita jalankan masker untuk semua," ungkap Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Minggu (5/4). "Semua harus menggunakan masker."

Lantas jenis masker seperti apa yang sebaiknya digunakan untuk mengurangi peluang tertular COVID-19. Dari penjelasan Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, ada tiga jenis masker yang bisa digunakan.

Salah satunya adalah masker kain. Namun ada kriteria khusus atas produk ini sehingga lebih maksimal dalam menangkal virus Corona, yakni masker kain lapis tiga.

"Masker kain lapis tiga yang bisa digunakan masyarakat ketika kita berada di tempat umum atau keramaian," terang Wiku, dikutip dari Kompas, Senin (6/4). "Tiga lapisan dalam masker akan meningkatkan efektivitas masker dalam menangkal virus."


Wiku memang tak memberikan penjelasan rinci soal masker yang dimaksud. Namun dari masker yang ditunjukkannya di hadapan publik, tampaknya seperti masker dengan filter yang belakangan banyak diproduksi.

Masker itu terdiri atas dua lapis kain dengan bagian tengah yang bisa diselipkan tisu sebagai filternya. Tisu ini nanti bisa diganti setiap saat sesuai kebutuhan.

Lantas bagaimana efektivitas masker semacam ini? "Sesuai hasil penelitian, masker kain dapat menangkal virus sebesar 70 persen," tutur Wiku.

Namun kunci utama efektivitas penggunaan masker kain untuk menangkal virus Corona adalah apabila penggunanya secara rutin mengganti dan mencucinya setelah pemakaian. Oleh karena itu setiap orang disarankan memiliki lebih dari satu masker kain 3 lapis.

Selain itu, Wiku juga mengingatkan agar pemakaiannya dilakukan serapi mungkin demi memaksimalkan potensi penangkalan virus. Begini penjelasan dari sang guru besar.

"Cara pembuatan masker kain dapat disesuaikan dengan (bentuk) wajah, pastikan tangan yang digunakan (memasang masker) bersih," pungkas Wiku. "Dan masker harus menutupi hidung hingga dagu serta tidak longgar."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait