Penutupan Pasar Tanah Abang Diperpanjang Imbas Corona, Perputaran Uang Rp 100 M Per Hari Ikut Hilang
Nasional

Pasar Tanah Abang sedianya akan kembali dibuka pada Senin (6/4) hari ini, namun pembukaannya ditunda sementara karena masa tanggap Covid-19 masih berlangsung hingga 19 April 2020 mendatang.

WowKeren - Pasar kawasan Tanah Abang di Jakarta Pusat sudah ditutup sejak 27 Maret 2020 lalu imbas pandemi virus corona (Covid-19). Pasar tersebut sedianya akan kembali dibuka pada Senin (6/4) hari ini, namun pembukannya ditunda sementara karena masa tanggap Covid-19 masih berlangsung hingga 19 April 2020 mendatang.

Akibat penutupan operasional pasar Tanah Abang, perputaran uang dari transaksi di pasar tersebut pun ikut terhenti. Menurut Kepala Humas Perumda Pasar Jaya Amanda Gita Dinanjar, jumlah transaksi di Tanah Abang dalam kondisi normal bisa mencapai Rp 100 miliar per harinya.

"(Jumlah transaksi) Rp 80 miliar sampai Rp 100 miliar perhari kurang lebih," terang Amanda dilansir Kumparan pada hari ini.

Tercatat ada sekitar 10 ribu pedagang di Tanah Abang yang keseluruhan menghasilkan jumlah transaksi tersebut. Dengan demikian, penutupan pasar imbas corona ini menghilangkan perputaran uang senilai Rp 100 miliar per hari.


Sebagai informasi, keputusan untuk membuka kembali Pasar Tanah Abang dilandaskan pada Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No.361 Tahun 2020 tentang perpanjangan status tanggap darurat bencana Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta. Penutupan ini meliputi asar Tanah Abang Blok A, Pasar Tanah Abang Blok B dan Pasar Tanah Abang Blok F. Namun, Pasar Tanah Abang Blok G masih buka seperti biasa meski hanya terbatas pada pedagang yang berjualan jenis bahan pangan saja.

"Jadi sudah diputuskan untuk pembukaan yang direncanakan pada 6 April kita tunda sementara sampai 19 April," ungkap Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin, pada Minggu (5/4) kemarin. "Bapak Gubernur juga sudah memberikan teguran keras agar Pasar Tanah Abang ini tetap ditutup, Untuk pembukaan kembali nantinya akan diinformasikan lebih lanjut."

Selain itu, perpanjangan masa penutupan Pasar Tanah Abang ini juga didasarkan pada kesepakatan antara tokoh pedagang dan juga manajemen Pasar Jaya. Para pedagang sepakat untuk menutup sementara kios mereka dalam masa tanggap darurat Covid- 19.

"Bagi masyarakat juga yang ingin mendapatkan informasi terkait pembukaan kembali Pasar Tanah Abang ini agar selalu memantau media sosial resmi milik Pasar Jaya," pungkasnya. "Atau jika ada pertanyaan bisa disampaikan di layanan call center kami dengan nomor 081280080063."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru