RS BUMN Pertamina Jaya Siap Digunakan Dalam Waktu Dekat, Khusus Pasien Corona Sedang Hingga Berat
Nasional

Rumah sakit BUMN Pertamina Jaya sudah siap untuk digunakan dalam 4 hari mendatang. RS ini nantinya akan dikhususkan untuk merawat pasien corona kondisi sedang dan berat.

WowKeren - Kementerian Badan Usaha Milik Negara bulan lalu mengatakan akan menyulap Rumah Sakit Pertamina Jaya maupun hotel berplat merah sebagai tempat penanganan virus corona. Bangunan tersebut akan dilengkapi fasilitas khusus seperti laboratorium, hingga ruang isolasi bertekanan negatif.

Meski begitu, rumah sakit yang berlokasi di Cempaka Putih, Jakarta ini memiliki fungsi yang berbeda dengan Wisma Atlet. Apabila Wisma Atlet menangani pasien corona dengan kondisi ringan, rumah sakit ini akan menangani pasien dalam kondisi sedang hingga berat.

"Jadi kalau Wisma Atlet itu adalah untuk pasien yang ringan kalau di sini untuk memenuhi pasien yang sedang ke berat, berat ke kritikal," kata Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) Fathema Djan Rachmat dalam teleconference, Senin (6/4).


Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa rumah sakit Pertamina Jaya telah dimodifikasi untuk menangani pasien corona. Kapasitasnya pun ditingkatkan menjadi 160 tempat tidur. "Rumah sakit ini dilengkapi jumlahnya 90 ditambah 70 (jadi) 160 tempat tidur," terangnya.

Fathema juga menuturkan, tenaga medis untuk rumah sakit juga ditambah sebanyak 700 tenaga baru. "Tenaga medis di luar tenaga yang ada kami sudah rekrut 700 tenaga baru untuk bisa memberikan pelayanan di 160 tempat tidur yang ada saat ini," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa rumah sakit ini telah dilengkapi dengan laboratorium serta alat penguji virus corona yang mampu dioperasikan hingga lebih dari 1.000 kali per hari. "Yang menarik dari rumah sakit ini Cempaka Putih ini nanti ada lab-nya, kita BUMN sedang mengadakan hampir 10 lab yang sudah siap yang per hari bisa ngetes 1.000 lebih," katanya, Senin (6/4). "Di mana salah satu yang terinstall kita harapkan minggu ini di rumah sakit ini."

Terkait kapan rumah sakit pelat merah ini bisa dioperasikan, Erick menjawab kemungkinan 4 hari mendatang. "Kita mengharapkan juga mungkin 4 hari lagi ini bisa operasional dan sudah juga beserta lab-nya yang kemarin dari Kementerian BUMN membawa mesin lab ini dari Switzerland Roche," tuturnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait