Cegah Corona, Belanja Ikan Sebentar Lagi Bisa Secara Online
Nasional

Demi mencegah penularan virus corona (COVID-19), belanja ikan sebentar lagi bisa dilakukan secara online menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

WowKeren - Kasus virus corona (COVID-19) masih terus mengalami kenaikan yang signifikan setiap harinya di Indonesia. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai langkah memutus rantai penyebaran COVID-19.

Akibatnya, seluruh aktivitas masyarakat di luar rumah mulai dibatasi demi mencegah penularan virus corona. Tentunya hal ini membuat masyarakat tidak bisa dengan mudah untuk belanja ke pasar maupun supermarket demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berusaha menyiapkan sejumlah langkah alternatif dalam menangani hal tersebut. Langkah yang disiapkan berkaitan dengan sektor kelautan dan perikanan.

KKP akan menyiapkan penjualan ikan secara online dalam waktu dekat ini. “Jalan keluar terhadap akses pemasaran lainnya melalui penyiapan sarana media penjualan ikan secara online,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat rapat kerja yang dilakukan secara virtual dengan Komisi IV DPR Republik Indonesia di Jakarta, Senin (6/4).


Saat ini, KKP telah melakukan pendataan estimasi produksi perikanan tangkap dan perikanan budi daya. Estimasi ini dilakukan dengan melakukan penghitungan di bulan April-Juni 2020. Selain itu, berbagai infrastruktur cold storage yang tersebar di Indonesia akan disiapkan.

Edhy juga menyampaikan usulan sejumlah paket stimulus ekonomi seperti pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Program-program ini diharapkan bisa memasukkan produk pangan berupa ikan segar dan olahan ikan sebagai salah satu bahan pokok penting masyarakat.

Produk-produk ikan ini rencananya akan dijual secara online melalui e-waroeng yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat. Hal ini disampaikan Edhy dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin.

Terakhir, Edhy juga berpesan kepada setiap pemerintah daerah seperti gubernur, walikota dan bupati. Ia meminta agar seluruh pemerintah daerah dapat memasukkan produk-produk perikanan dalam program-program perlindungan sosial ke masyarakat melalui APBD.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait