Mudah Ditemukan di Rumah, Ini 7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Untuk Mengobati Tipes
Health

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu memulihkan tubuh dari penyakit tipes. Mau tahu apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Tipes atau demam tifoid merupakan penyakit yang terjadi karena adanya infeksi dari bakteri salmonella typhi. Penyebaran penyakit ini umumnya melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi.

Seseorang yang menderita tipes biasanya menunjukkan berbagai gejala, seperti demam tinggi, sakit kepala, sakit perut dan sembelit atau diare. Jika merasakan gejala ini, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter karena bisa sangat membahayakan jika tidak segera ditangani.


Biasanya dokter akan memberikan resep antibiotik dan obat tertentu untuk membunuh bakteri penyebab tipes. Dan untuk mendukung pengobatan dari dokter, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan agar cepat pulih dari tipes.

Tapi perlu diingat bahwa sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter terkait penggunaan bahan alami untuk mengobati tipes. Karena dikhawatirkan bahan alami tertentu dapat menunjukkan reaksi yang tidak diinginkan jika dicampur dengan obat-obatan yang sedang Anda konsumsi. Namun jika dokter memperbolehkannya, tak ada salahnya bagi Anda untuk menggunakan beberapa bahan alami ini untuk mengobati tipes.

(wk/eval)

1. Oralit


Oralit

Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk mengobati tipes adalah oralit. Oralit sangat diperlukan untuk mengurangi gejala tipes dan mempercepat pemulihan. Sebab oralit dapat mengganti cairan tubuh yang hilang dan mencegah dehidrasi.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Pertama siapkan tiga bahan dasarnya terlebih dahulu, yakni gula, garam dan air. Setelah itu campurkan setengah sendok teh garam dan enam sendok teh gula ke dalam empat gelas air. Minum larutan oralit ini selama beberapa kali dalam sehari hingga tubuh benar-benar pulih. Tapi jika Anda tak ingin repot-repot membuatnya, Anda juga bisa membeli oralit kemasan di apotek terdekat.

2. Pisang


Pisang

Buah pisang memiliki sejumlah manfaat menakjubkan untuk kesehatan, salah satunya untuk mencegah penyakit tipes. Hal ini dikarenakan kandungan pektin atau serat larut di dalamnya yang dapat menyerap cairan di usus sehingga dapat menurunkan diare. Selain itu, kandungan kalium dalam buah pisang juga dapat menggantikan eletrolit yang hilang karena diare atau demam.

Untuk mempercepat pemulihan dari tipes, sebaiknya konsumsi dua hingga tiga buah pisang setiap harinya. Selain itu, Anda juga bisa mencampur dua buah pisang dengan setengah cangkir yoghurt dan satu sendok teh madu, lalu konsumsi hingga 2-3 kali setiap harinya.

3. Cuka Sari Apel


Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, termasuk mengembalikan energi pasien tipes. Hal ini dikarenakan sifat asamnya yang dapat membantu mengeluarkan panas tubuh sehingga suhu tubuh akan turun secara perlahan. Tak hanya itu, sebab kandungan mineralnya ternyata juga dapat menggantikan mineral yang hilang karena diare.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengobati tipes menggunakan cuka sari apel. Pertama campurkan setengah sendok teh cuka sari apel dengan sedikit madu ke dalam segelas air. Lalu minum larutan ini sebelum makan selama lima hingga tujuh hari. Cara kedua, Anda bisa mencampurkan cuka sari apel dengan air hangat dengan perbandingan 1:2. Gunakan campuran tersebut untuk merendam kain lap sebelum digunakan untuk mengompres dahi dan perut. Lakukan cara ini sampai demam Anda turun.

4. Daun Basil Atau Daun Selasih


Daun Basil Atau Daun Selasih

Untuk menyembuhkan tipes, Anda juga bisa memanfaatkan daun basil atau daun selasih. Pasalnya daun ini memiliki khasiat antibiotik dan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab tipes. Selain itu, daun basil juga dapat membantu menurunkan demam, menghangatkan perut dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara menggunakannya sebagai obat tipes sangatlah mudah. Pertama siapkan 20 helai daun basil, satu sendok teh jahe yang sudah dihancurkan serta satu gelas air. Lalu rebus semua bahan itu hingga airnya berkurang setengah. Untuk menambah rasa manis, Anda bisa menambahkan sedikit madu. Usahakan untuk meminum ramuan ini secara rutin sebanyak 2-3 kali sehari hingga benar-benar pulih.

5. Bawang Putih


Bawang Putih

Bawang putih yang ada di dapur ternyata juga bermanfaat untuk menyembuhkan tipes. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat antimikroba yang berguna untuk membilas racun berbahaya sehingga sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Dengan begitu, proses pemulihan tipes pun semakin cepat.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan tipes menggunakan bawang putih. Pertama, konsumsi dua siung bawang putih secara langsung saat perut sedang kosong. Lakukan cara ini hingga tubuh kembali pulih.

Cara kedua, campurkan setengah sendok teh bawang putih yang sudah dihaluskan dengan secangkir susu dan empat gelas air. Rebus bahan-bahan tersebut hingga tersisa seperempatnya dan minum sebanyak tiga kali sehari. Tapi bagi Anda yang sedang hamil, sebaiknya hindari konsumsi bawang putih dengan cara ini.

6. Cengkeh


Cengkeh

Cengkeh juga dapat membantu mengurangi tingkat keparahan diare dan muntah yang disebabkan oleh tipes. Hal ini disebabkan karena kandungan minyak esensial pada cengkeh memiliki sifat antibakteri.

Untuk menjadikan cengkeh sebagai obat tipes sangatlah mudah. Pertama masukkan lima sampai tujuh kuncup cengkeh ke dalam air mendidih dan rebus hingga airnya hanya tersisa setengah. Minum setelah dingin secara rutin di siang hari selama minimal satu minggu.

7. Air Putih


Air Putih

Meningkatkan asupan cairan penting dilakukan oleh pasien tipes agar dapat mengendalikan berbagai gejalanya, seperti demam dan diare. Pasalnya cairan yang dikonsumsi dapat menghilangkan racun dalam tubuh sehingga membuatnya tetap terhidrasi.

Karena itu sebaiknya perbanyak konsumsi air putih sebanyak delapan hingga sepuluh gelas setiap hari. Lebih baik lagi jika air putih yang Anda konsumsi telah direbus terlebih dahulu untuk menjamin kebersihannya dari kuman. Selain air putih, Anda juga bisa meningkatkan kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi jus buah segar, teh herbal, air kelapa, air gula dan sup.

Demikian tujuh obat alami tipes yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan mata bengkak dan iritasi. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui bahan alami yang ampuh menyembuhkan cacingan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait