Balasan 'Menohok' WHO Usai Disalahkan Trump Soal Pandemi COVID-19
Dunia

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyalahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atas pandemi corona yang terjadi. Merespon hal ini, WHO justru memberi balasan menohok. Seperti apa?

WowKeren - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dibuat pening dengan adanya pandemi COVID-19 yang saat ini membuat babak belur negaranya. Bahkan di tengah situasi ini, Trump kerap menyalahkan pihak-pihak yang dianggapnya bertanggung jawab atas wabah COVID-19.

Salah satunya adalah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Konglomerat bidang properti itu menyebut WHO sudah banyak melakukan kesalahan di berbagai aspek terkait penyakit yang kekinian telah menjadi pandemi global itu.

"Mereka benar-benar melakukan hal yang buruk kepada kita. Mereka tidak bekerja cepat, ini jelas-jelas merupakan langkah yang salah," tutur Trump dalam konferensi pers yang digelar di Gedung Putih, Selasa (7/4) waktu setempat. "Saya bisa bilang langkah yang mereka lakukan, di semua aspek, benar-benar kesalahan."


Selain itu, ia juga mengancam untuk memangkas dana yang diberikan kepada WHO. Menanggapi kecaman dari Presiden AS tersebut, Sekjen WHO justru berterima kasih atas apa yang sudah diberikan AS selama ini. Termasuk kemurahan hati negara tersebut memberikan pendanaan selama pandemi ini berlangsung.

"Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada AS atas dukungannya selama ini," kata Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah briefing virtual dihadapan wartawan dilansir AFP, Kamis (9/4). "AS akan terus melanjutkan kepeduliannya."

Direktur Regional WHO untuk Eropa Hans Kluge juga menambahkan komentar Ghebreyesus. Menurutnya, ancaman pemangkasan pendanaan yang dilontarkan Trump tak sesuai dengan semangat memerangi corona. "Kita masih dalam fase 'akut' pandemi, sehingga sekarang bukan saatnya untuk mengurangi pendanaan," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Sebelumnya, Trump melontarkan kekesalannya kepada WHO tersebut melalui akun Twitter pribadinya. "WHO benar-benar gagal," tulisnya, Rabu (7/4) waktu setempat. "Untuk beberapa alasan, (WHO) dibiayai sangat besar oleh Amerika Serikat, tapi sangat China-sentris. Saya akan memperhatikan ini. Untungnya, saya menolak saran mereka untuk membuka batas kami dengan China. Mengapa mereka memberi rekomendasi yang fatal seperti itu?"

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait