Hewan Liar Turun ke Jalanan India Gara-Gara Lockdown
Dunia

Sejak awak diterapkan, kebijakan lockdown di India memang menimbulkan kontroversi. Yang terbaru, sejumlah hewan liar seperti monyet dan gajah dilaporkan turun ke jalanan India yang sepi sebagai imbas lockdown.

WowKeren - India diketahui telah mengumumkan kebijakan lockdown total untuk menekan laju penyebaran virus corona (COVID-19). Kebijakan tersebut mulai berlaku sejak 23 Maret lalu selama 21 hari atau 3 minggu.

Namun sayangnya, kebijakan ini justru menimbulkan kekacauan di negara tersebut. Pasalnya, sejumlah hewan liar seperti monyet dan gajah dilaporkan turun ke jalanan India yang sepi.

Di Mumbai, beberapa burung merak terlihat bertengger di mobil warga yang tengah diparkir. Sedangkan di New Delhi, sejumlah kawanan monyet menerobos tembok Istana Kepresidenan Rashtrapati Bhawan. Bukan hanya itu, hewan-hewan tersebut juga dilaporkan menimbulkan kerusakan.

"Mereka mencuri banyak barang. Tapi sejauh ini belum sampai mengancam manusia," tutur salah satu sumber seperti dilansir dari Kompas.com.


Pekan lalu, seekor beruang hitam Himalaya memasuki Gangtok, ibu kota Negara Bagian Sikkim, masuk ke kantor telekomunikasi dan melukai teknisinya. Petugas dari Dinas Kehutanan India juga mengunggah momen di media sosial gajah yang berjalan melewati toko di tengah jalan yang sepi.

Di sisi lain, sejak awal diterapkan, kebijakan lockdown di India memang menimbulkan kontroversi. Bahkan laporan sebelumnya menyebut kalau lockdown ini telah membuat jutaan rakyat miskin di India menderita dan memicu kepanikan.

Mudik massal di India juga terjadi akibat adanya kebijakan lockdown tersebut. Bahkan tak sedikit warga yang nekat berjalan kaki menuju kampung halaman masing-masing lantaran moda transportasi dilarang beroperasi.

Sebagai informasi tambahan, saat ini India telah mencatatkan sekitar 5,916 kasus positif virus corona. Dari jumlah tersebut, 178 di antaranya dinyatakan meninggal, sedangkan 506 lainnya dikonfirmasi telah pulih. Sehingga, saat ini ada 5,232 kasus aktif COVID-19 di India.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru