Menteri BUMN Erick Thohir Bagi Tips Aman Saat Beli Barang dan Makanan Pesan Antar
Instagram/erickthohir
Nasional

Memesan makanan atau belanjaan melalui layanan pesan antar memang menjadi opsi yang paling banyak diambil di tengah imbauan menjaga jarak seperti sekarang ini.

WowKeren - Merebaknya wabah corona membuat orang harus terus senantiasa menjaga kebersihan diri. Ketika menerima barang atau makanan dari orang lain, tak pelak, hal ini pun terkadang membuat orang was-was apakah kebersihannya sudah terjaga.

Terutama di momen seperti sekarang ini, dimana masyarakat diminta untuk mengurangi semaksimal mungkin aktivitas di luar rumah dengan menerapkan social distancing. Memesan makanan atau berbelanja online menjadi opsi yang banyak dipilih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menteri Badan Usaha Milik negara (BUMN) Erick Thohir membagikan tips aman ketika menerima barang ataupun makanan dari orang lain. Tips itu dibagikan Erick melalui video yang diunggah di akun Instagram miliknya.

Pertama-tama, masyarakat sebaiknya menghindari kontak langsung dengan driver pembawa makanan atau barang dengan meminta driver meletakkan makanan di depan pintu. Untuk proses pembayaran, sebaiknya dilakukan secara online, bukan bayar di tempat.


Ketika makanan sudah diterima, sebaiknya segera memindahkannya dari kemasan ke piring atau tempat yang bersih. Untuk menjaga tangan tetap bersih, setelah membuang kemasan sebaiknya segera mencuci tangan.

Sementara itu, ketika menerima barang sebaiknya segera menyemprot atau mengelap kemasan dengan disinfektan. Akan lebih baik jika barang tersebut memiliki kemasan rangkap sehingga bisa membuang kemasan luarnya atau memindahkannya isinya ke tempat yang lebih steril.

Begitu juga dengan buah dan sayur. Sayur dan buah sebaiknya juga dicuci dengan menggunakan sabun selama 20 detik.

Dalam unggahan itu, Erick juga mengingatkan agar masyarakat berbagi antar sesama. Sebab, berbagi tidak akan mengurangi kebahagiaan kita.

"Dan, jangan lupa, kalau ada rezeki berlebih, belikan juga makanan untuk pengantar makanan," tulisnya. "Berbagi tidak akan mengurangi kebahagian, justru akan menambah rasa bahagia kita."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait