BPOM Keluarkan Panduan Khusus Agar Terhindar Dari Corona Saat Berada di Warung Makan
Nasional

Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tetap tinggal di rumah demi mencegah penyebaran virus corona. Lantas bagaimana jika kita terpaksa keluar untuk membeli makanan di warung?

WowKeren - Adanya wabah COVID-19 di Indonesia membuat pemerintah menganjurkan agar warga untuk tetap tinggal di rumah saja, menjauhi kerumunan atau social distancing dan selalu menggunakan masker agar terhindar dari virus mematikan tersebut.

Masyarakat dilarang untuk keluar rumah apabila tidak ada kebutuhan yang mendesak. Namun, tak sedikit orang yang masih pergi keluar rumah untuk melakukan beberapa hal.

Salah satunya mampir ke warung makan untuk membeli makanan.Padahal virus corona mungkin bisa menyebar dari tempat-tempat umum termasuk warung makan lewat benda mati.


Oleh karena itu, Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Badan POM memberikan panduan atau tips untuk mencegah penyebaran infeksi Covid-19 di warung makan berikut:

  1. Pastikan warung, tempat memasak, dan peralatan makan bersih.
  2. Jaga jarak fisik 1 meter dengan pengunjung lainnya (physical distancing).
  3. Penjual atau penyaji makanan menggunakan masker dan sarung tangan.
  4. Penjual atau penyaji makanan dan pengunjung, jika terpaksa makan di tempat, selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 20 detik. Jika tidak tersedia dapat menggunakan hand sanitizer.
  5. Pilih makanan yang baru dimasak.
  6. Hindari gorengan yang warnanya sudah gelap, sayur yang kelihatan sudah berulang dipanaskan.
  7. Beli makanan dan segera pulang.

Apabila Anda harus atau terpaksa membeli makanan di warung makan sebaiknya juga mengikuti anjuran dari Kementerian Kesehatan dalam perilaku keluar-masuk rumah. Saat keluar rumah wajib menggunakan masker, jaga jarak aman minimal satu meter dengan orang lain, segera cuci tangan pakai sabun, atau gunakan hand sanitizer saat menyentuh benda apapun.

Setelah bepergian keluar ada kalanya untuk mencuci tangan dan kaki terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam rumah. Jangan lupa untuk mengganti pakaian yang dipakai di luar tadi, dan mandilah. Cuci pakaian dan masker kain yang dikenakan dari luar sesegera mungkin.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru