Simak, Inilah Posisi Tempat Duduk yang Aman di Pesawat untuk Cegah Infeksi Corona Menurut Ahli
Travel

Menurut para ahli dari Emory University, orang yang terlalu banyak berpindah tempat dan berjalan di lorong pesawat berisiko lebih tinggi untuk bersentuhan dengan penumpang lain yang mungkin sudah terinfeksi.

WowKeren - Pandemi virus corona (COVID-19) memang seakan telah menjadi momok yang begitu menakutkan di seluruh penjuru dunia. Bahkan pandemi ini menimbulkan kekhawatiran berlebih bagi masyarakat sehingga mereka menjadi lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Salah satunya adalah saat bepergian menggunakan transportasi umum.

Meskipun sejumlah negara sudah menerapkan kebijakan lockdown, namun tak bisa dipungkiri bahwa sejumlah moda trasnsportasi masih terus beroperasi hingga kini. Tak terkecuali pesawat terbang, yang hingga kini masih menjadi alat transportasi "favorit" di tengah pandemi corona.

Bicara soal pesawat terbang, rupanya belum lama ini sejumlah ahli memberikan imbauan soal posisi tempat duduk yang aman demi mencegah kemungkinan terinfeksi COVID-19. Dilansir Daily Mail pada Kamis (9/4), menurut para ahli dari Emory University, orang yang terlalu banyak berpindah tempat, berjalan-jalan di lorong pesawat berisiko lebih tinggi untuk bersentuhan dengan penumpang lain yang mungkin sudah terinfeksi.

Para ahli tersebut menyarankan untuk tetap diam di kursi penumpang masing-masing jika khawatir tertular virus corona selama perjalanan di pesawat. Hal itu dikarenakan semakin sering seseorang beranjak dari tempat duduk dan bergerak di sekitar pesawat, maka semakin besar peluang untuk berada di samping orang yang terinfeksi.

Photo-INFO

Daily Mail


Para ahli telah meneliti perilaku penumpang dalam penerbangan yang berlangsung antara 3-5 jam. Dari penelitian tersebut ditemukan sebanyak 38 persen penumpang pesawat beranjak dari kursi mereka sekali dan 24 persen lebih dari sekali. Tetapi penumpang yang berada di dekat jendela justru nyaris tidak pernah meninggalkan kursi mereka.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Emory, para penumpang tidak hanya duduk diam selama penerbangan. Terkadang mereka harus pergi ke kamar mandi, meregangkan kaki, atau mengambil barang-barang dari tempat penyimpanan barang di kabin pesawat.

"Misalkan kamu duduk di kursi lorong atau di kursi tengah dan saya berjalan ke toilet. Kita akan melakukan kontak dekat, artinya kita akan berada dalam jarak satu meter. Jadi jika saya terinfeksi, saya bisa menularkannya kepadamu. Penelitian kami adalah penelitian pertama yang menghitung ini," kata Howard Weiss, penulis penelitian kepada National Geographic.

Walaupun orang yang duduk di kursi lorong lebih berpotensi melakukan kontak dengan penumpang lain, namun itu tidak berarti bahwa mereka sudah pasti akan terinfeksi. Bisa dibilang demikian karena setiap pertemuan atau kontak sangatlah singkat untuk virus bisa berpindah.

"Jika kamu duduk di kursi lorong, tentu akan ada beberapa orang yang bergerak melewatimu, tetapi mereka akan bergerak cepat," lanjut Weiss.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru