Happy Choi Siwon Day
Selebriti

WowKeren secara khusus mengulas tentang Choi Siwon Super Junior yang merayakan ulang tahunnya yang ke-34 (35 tahun menurut hitungan Korea) pada 7 April untuk Birthday Spotlight kali ini.

WowKeren -

Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Choi Siwon Super Junior yang merayakan ulang tahunnya yang ke-34 (35 tahun menurut hitungan Korea) pada 7 April. Ulang tahun kali ini menjadi momen yang spesial bagi dirinya dan para fans.


(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Siwon berasal dari keluarga berada di mana sang ayah adalah mantan CEO Boryung Medicine, sebuah perusahaan obat-obatan. Ia ditemukan oleh seorang agen SM Entertainment saat berusia 16 tahun lalu mengikuti audisi Starlight Casting System tanpa persetujuan orangtuanya dan lolos. Meski memperbolehkannya menandatangani kontrak, orangtua Siwon tak memberikan bantuan apa pun agar ia bertanggung jawab atas keputusannya.

Siwon lalu pindah ke dorm bersama para trainee yang lain dan menjalani pelatihan dalam menyanyi, menari dan akting. Sebelum debut, ia sempat tampil di MV Dana The Grace serta membintangi drama berjudul "Precious Family" dan "18 vs 29" yang tayang pada 2004 dan 2005.

2. Debut


Debut

Tak lama setelah mencicipi akting, Siwon resmi debut sebagai member Super Junior pada November 2005, yang saat itu masih bernama Super Junior 05 dan beranggotakan 12 orang. Mereka menjalani debut stage di program musik "Inkigayo" dan mempromosikan lagu debut "Twins (Knock Out)".

Pada 2006, SM Entertainment merekrut member baru untuk Super Junior yaitu Kyuhyun yang diperkenalkan lewat single "U". Hal ini sekaligus mengubah format Super Junior yang sebelumnya merupakan grup rotasi menjadi grup permanen.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Setelah merilis album kedua berjudul "Don't Don" pada 2007, Super Junior merilis album ketiga, "Sorry, Sorry" pada 2009 yang menjadi momen di mana popularitas mereka mencapai puncak sejak debut. Lagu "Sorry, Sorry" membuat nama mereka dikenal di seluruh dunia, terutama Tiongkok dan Asia Tenggara.

Pada 2008, Siwon juga debut sebagai personel sub-unit Super Junior-M yang berfokus pada aktivitas di Tiongkok dan merilis lagu-lagu berbahasa Mandarin. Setahun setelah debut, Super Junior-M merilis title track berjudul "Super Girl" yang juga meraih sukses tak hanya di negara sendiri tapi juga di luar negeri.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Setahun setelah debut, Siwon membintangi film produksi Hong Kong berjudul "A Battle of Wits" yang menandai debutnya di layar lebar. Di tahun berikutnya, ia membintangi "Attack on the Pin-Up Boys" bersama member Super Junior yang lain serta mini seri berjudul "Legend of Hyang Dan".

Pada 2010, Siwon membintangi sejumlah drama yaitu "Oh! My Lady", "Athena: Goddess of War" dan "Iris". Tahun berikutnya, ia tampil di drama "Poseidon" serta drama Taiwan "Skip Beat!" bersama Lee Donghae.

Pada 2015, Siwon terlibat di sejumlah proyek akting mulai dari film historis-aksi "Dragon Blade", "Helios" yang bergenre thriller serta drama romantis produksi Tiongkok berjudul "Fall in Love with You Again" dan "Billion Dollar Heir". Di tahun yang sama, ia mendapat banyak pujian untuk aktingnya di "She was Pretty".

Siwon membintangi "Revolutionary Love" pada 2017 yang merupakan proyek akting pertamanya setelah kembali dari wajib militer. Pada 2019, ia membintangi "My Fellow Citizens!" yang bergenre komedi kriminal.

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada 30 September 2017, seekor anjing bulldog Prancis yang tidak terikat milik keluarga Siwon menggigit tetangga mereka, pengusaha Kim berusia 53 tahun yang mengelola Hanilkwan, sebuah restoran masakan Korea kelas atas. Ini mengakibatkan korban meninggal enam hari setelah kejadian.

Setelah diidentifikasi, kematian korban diakibatkan sepsis yang disebabkan oleh gigitan. Siwon dan ayahnya secara terpisah menulis surat permintaan maaf di akun Instagram mereka pada 21 Oktober 2017. Meskipun anggota keluarga almarhum mengatakan kepada media bahwa keluarga mereka tidak mau mengambil tindakan hukum, keluarga Siwon menerima reaksi keras dari masyarakat karena tidak mengambil tindakan pencegahan dengan anjing mereka.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Tahun ini, Siwon masih akan beraktivitas bersama Super Junior dengan merilis album dan konser. Ia juga comeback ke dunia akting dengan membintangi drama yang merupakan bagian dari proyek drama/film crossover bertajuk "SF8". Proyek produksi MBC tersebut merupakan seri cerita yang mengusung setting waktu masa depan tentang orang-orang yang memimpikan kehidupan masyarakat sempurna melalui kemajuan teknologi.

"SF8" adalah seri antologi ilmiah asli Korea tentang serangkaian subjek termasuk kecerdasan buatan (AI), augmented reality (AR), virtual reality (VR), robot, game, fantasi, horor, kekuatan super dan bencana. Awal April lalu, Siwon dan Uee dikonfirmasi bakal menjadi pasangan utama "Augmented Infatuation" (judul terjemahan).

You can share this post!

Related Posts