Tak Mau Beri Janji Palsu, Jokowi Minta Semua Bantuan Terkait Corona Segera Disalurkan
Getty Images
Nasional

Joko Widodo berharap masyarakat bisa sedikit diringankan bebannya dengan berbagai bantuan dari pemerintah di tengah pandemi Corona saat ini. Karenanya, ia meminta menteri untuk segera merealisasikan bantuan tersebut.

WowKeren - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan instruksi kepada para menterinya untuk segera merealisasikan sederet bantuan pemerintah ke masyarakat yang terdampak wabah COVID-19. Jokowi tak ingin pemerintah dianggap hanya berbicara tanpa adanya bukti. Di samping itu, Jokowi pun tak ingin masyarakat menjadi semakin menderita dengan bantuan yang tidak segera didapatkan.

Jokowi menginstruksikan hal itu kepada Menteri Sosial Juliari Batubara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Ia minta agar seluruh bantuan itu bisa direalisasikan minggu ini. Menurutnya, segala kebutuhan sudah siap untuk berpindah tangah ke masyarakat.

"Berkaitan dengan dampak sosial ekonomi, saya minta Mensos, Menkeu juga, minggu ini semuanya harus bisa jalan. Ini sudah sangat-sangat bisa sekali," ungkap Jokowi melansir Liputan6.com, Senin (13/4).

Bantuan yang dimaksud Jokowi secara menyeluruh. Mulai dari Kartu Pra Kerja, Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan sosial langsung, kartu sembako maupun kartu sembako Jabodetabek.


Jokowi melihat masyarakat sudah sangat membutuhkan sederet bantuan tersebut. Hal itu diyakininya ketika kemarin ia sempat beberapa kali membagi-bagikan sembako langsung ke jalanan. Melihat masyarakat yang sudah semakin kesusahan mencukupi kebutuhan pangannya, Jokowi tak ingin menunda lebih lama jika segala persiapan sudah rampung diselesaikan.

Oleh karena itu, Jokowi meminta agar semuanya bisa diterapkan minggu ini. Ia tak ingin masyarakat memandang pemerintah tidak bisa menepati janjinya. Jika sudah terbesit pemikiran seperti ini dalam masyarakat, maka Jokowi merasa sudah tidak bisa dipercaya sepenuhnya.

"Semuanya harus jalan minggu ini. Saya turun ke bawah kemarin, saya melihat bahwa kebutuhan itu sudah ditunggu oleh masyarakat. Nanti di bawah melihat kita hanya omong saja, tapi barangnya ndak sampai ke rakyat," tegasnya.

Jokowi pernah mengatakan jika saat ini Indonesia tengah berada dalam masa yang sulit. Pandemi Corona mengubah seluruh aktivias masyarakat, terutama yang berkaitan dengan masalah ekonomi. Karenanya, Jokowi meminta agar seluruh masyarakat Tanah Air bisa bersatu-padu dalam melawan wabah yang mengancam jiwa manusia ini.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru