Banten Punya Mobil Unik Untuk Sosialisasi Pencegahan Corona
Nasional

Para relawan di Puskesmas Bojongmanik Lebak, Banten berinisiatif melakukan sosialisasi pencegahan Corona ke berbagai desa terpencil. Aksi sosial ini dilakukan guna menyebar info ke daerah yang masih minim pengetahuan.

WowKeren - Di tengah wabah virus Corona saat ini, masih banyak masyarakat yang belum paham betul soal bahaya dan cara pencegahannya. Terutama warga yang berada di daerah pelosok. Selain kurangnya pengetahuan, wilayah mereka juga cukup sulit untuk menerima bantuan dari berbagai pihak.

Hal ini juga terjadi di wilayah Lebak, Banten. Oleh karena itu, pemerintah setempat menyiapkan kendaraan pedesaan atau yang biasa disebut Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) sebagai sarana untuk mensosialisasikan bahaya dan pencegahan virus Corona.

Aksi ini dilakukan oleh Puskesmas Bojongmanik yang melakukan sosialisasi ke sejumlah desa terpencil yang infrastrukturnya belum memadai. Sosialisasi ini melibatkan sejumlah pihak lainnya, seperti pemerintah daerah, TNI, Kepolisian, organisasi masyarakat, dan kader dari USAID Jalin Project. Berbagai pihak yang ikut berkontribusi berharap agar aksi yang mereka lakukan ini dapat membantu memutus angka persebaran virus Corona.

Kegiatan sosialisasi ini di antaranya menyebarkan brosur informasi tentang virus Corona, membagikan masker gratis, dan mengajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan sabun. Aksi sosial ini menjadi semakin menarik di hadapan masyarakat berkat mobil unik yang ukurannya tak terlalu besar.


Mobil AMMDes ini didesain khusus untuk memudahkan ketika digunakan di daerah terpencil. Mobil ini juga dibekali fitur differential lock pada roda sehingga ban tidak mengalami selip di medan yang cukup ekstrim. Hal ini sudah menjadi pertimbangan para perancang.

Mobil yang diproduksi atas kerjasama Kemenperin dan PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (PT KMWI) tersebut dapat digunakan untuk berbagai fungsi, sesuai kebutuhan yang diinginkan. Mobil unik buatan anak negeri ini menjadi salah satu karya yang bisa berguna untuk membantu negara dalam kesulitan.

Tak hanya digunakan untuk sarana mensosialisasikan pencegahan virus Corona, mobil ini biasanya digunakan untuk kepentingan-kepentingan sehari-hari warga setempat. AMMDes ini diproduksi untuk dapat meningkatkan produktivitas sektor pertanian di pedesaan dan mendistribusikan hasil produksi desa-desa di Indonesia.

Pemerintah Banten pun sangat mengapresiasi kecekatan para warganya yang bergotong-royong melakukan hal untuk memutus rantai persebaran virus Corona. Mereka pun dengan cerdas memilih warga di daerah pelosok sebagai sasaran sosialisasinya.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru