Atasi Corona, Pemprov Jatim Luncurkan Situs Interaktif Ala Singapura
https://lawancovid-19.surabaya.go.id/
Nasional

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan situs dengan peta interaktif yang diperbarui secara realtime demi menyediakan informasi terkini perihal penyebaran pasien positif COVID-19 di wilayah tersebut.

WowKeren - Pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik di tengah wabah Corona. Termasuk terkait keterbukaan informasi para pasien positif COVID-19.

Salah satu yang sigap melakukannya adalah Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang baru-baru ini meningkatkan pelayanan informasi COVID-19 mereka lewat sebuah situs interaktif. Laman resmi itu menyediakan sebuah peta persebaran kasus positif COVID-19 yang dapat diakses di radarcovid19.jatimprov.go.id.

Ketika dibuka, pop up disclaimer langsung muncul. Lewat notifikasi pop up tersebut, Pemprov Jatim menegaskan bahwa titik-titik yang ditandai di peta bukanlah lokasi akurat pasien, melainkan telah diacak dengan radius 1 kilometer dari lokasi aslinya.

Selain menyediakan informasi soal lokasi para pasien positif, peta interaktif tersebut juga menyajikan perihal kapasitas rumah sakit rujukan secara realtime. Namun data terkait ketersediaan rumah sakit ini harus diperbarui secara manual oleh masing-masing fasilitas kesehatan.

"Titik merah bukan titik persis lokasi pasien positif Covid-19 namun diacak by system dalam radius 1 km dari alamat domisili pasien di area kecamatan tersebut," ujar Pemprov Jatim dalam disclaimer-nya. "Update kapasitas RS dapat dilakukan secara realtime oleh Rumah Sakit. Untuk konfirmasi langsung dapat menghubungi nomer terlampir di tiap RS."

Peta Interaktif Jatim-1

radarcovid19.jatimprov.go.id

Disclaimer ini selalu muncul setiap kali situs dibuka. Pengguna tentu bisa langsung menghilangkan notifikasi yang ada dengan menekan tombol silang di ujung kanan atas, atau menekan tombol "Lihat Peta" di bawah pernyataan disclaimer.

Bila dibuka, peta akan menunjukkan sebagian wilayah Jawa. Peta itu kemudian bisa diperbesar sampai tingkat kecamatan, lengkap dengan titik merah berpendar sesuai lokasi para pasien positif.


Peta Interaktif Jatim-2

radarcovid19.jatimprov.go.id

Titik-titik merah itu kemudian bisa di klik dan akan muncul informasi soal identitas pasien. Bukan identitas lengkap tentu saja, namun hanya usia pasien, jenis kelamin, serta kecamatan dan kabupaten tempatnya bermukim.

Peta Interaktif Jatim-3

radarcovid19.jatimprov.go.id

Selain informasi soal pasien positif, peta interaktif itu juga menunjukkan informasi soal rumah sakit. Data itu meliputi nomer telepon yang bisa dihubungi, lokasi, kapasitas macam-macam ruang isolasi, hingga ketersediaan ruangannya saat ini.

Peta Interaktif Jatim-4

radarcovid19.jatimprov.go.id

Keberadaan peta interaktif ini jelas memberi "angin segar" bagi masyarakat demi menghindari tertular COVID-19. Peta ini sendiri secara sekilas terlihat mirip dengan aplikasi yang sebelumnya sudah dikembangkan oleh Singapura.

Peta Interaktif Jatim-5

radarcovid19.jatimprov.go.id

Pada awal-awal wabah virus Corona muncul, pemerintah secara tegas menyebut data seperti yang ditampilkan di peta interaktif Singapura tak akan dirilis di Indonesia. Namun belakangan Presiden Joko Widodo mendesak agar data terkait Corona diungkap semua ke publik.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru