Banyak Warga Masih Bandel Langgar PSBB, Ternyata Ini Alasannya
Nasional

Sejumlah warga masih nampak memadati Stasiun Manggarai dan menggunakan layanan KRL untuk bepergian. Hal ini tentunya melanggar ketentuan PSBB yang diterapkan oleh pemerintah.

WowKeren - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) telah diterapkan di sejumlah daerah di Indonesia demi mencegah penyebaran virus corona. Sayangnya, selama masa ini berlangsung masih bisa dilihat sejumlah warga yang berkeliaran di jalanan dan ramai menggunakan fasilitas umum seperti kereta rel listrik (KRL).

Ketika ditanya, sebagian warga tersebut beralasan menuju tempat berkerja. Namun adapula yang berasalan untuk urusan keluarga atau merindukan keluarganya.

Seperti warga asal Bekasi ini yang ditemui di Stasiun Manggarai. Iyet (45) turun dari kereta tujuan Bogor arah Tanah Abang. "Ada urusan keluarga, saudara saya sakit, tinggalnya di Tanah Abang," katanya saat ditanya alasannya beraktivitas di luar rumah.

Iyet mengetahui adanya aturan PSBB dan warga diimbau tetap di rumah mengurangi aktivitas di luar rumah. Namun, Iyet mengaku urusannya cukup penting.


Meski begitu, Iyet tetap menaati aturan penggunaan masker dan menjaga jarak fisik selama bepergian. "Iya tadi jaga jarak gitu di kereta. Kan di kursi ditempel stiker jaga jarak," terangnya.

Lalu ada Nur (45) yang berangkat dari Cikarang bersama dua anaknya yang masih berusia satu tahun dan sembilan tahun. Alasannya pergi ke Mangga Besar adalah untuk mengunjungi putri pertamanya yang sudah sejak September 2019 tidak bertemu. "Kangen anak, sudah lama banget enggak ketemu, sejak September, sudah berapa bulan tuh," ujarnya.

Selain menggendong anaknya yang berusia satu tahun dan mengawal putrinya yang berusia sembilan tahun, Nur juga harus menjinjing tas berisi makanan yang dia bawakan untuk putri pertamanya. Nur mengaku sudah tidak bisa menahan rindu untuk bertemu anaknya yang bekerja dan tinggal di rumah saudaranya di wilayah Mangga Besar.

Nur menggunakan kereta dari Stasiun Bekasi transit di Manggarai, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan kereta tujuan Jakarta Kota. Ibu delapan anak tersebut sempat ditegur petugas karena tidak memasang masker dengan benar.

Diketahui, pada hari keenam penerapan PSBB di wilayah DKI Jakarta serta hari pertama di wilayah Bogor, Bekasi, dan Depok, perjalanan KRL masih ramai oleh penumpang, khususnya pada jam berangkat kerja dan pulang kerja. Operasional perjalanan kereta Jabodetabek dibatasi mulai dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru