Bosan Di Rumah Aja? 10 Film Oscar Ini Dijamin Siap Temani Akhir Pekanmu dengan Tontonan 'Berbobot'
Film
#dirumahsaja

Film-film tipe 'Oscar' ini merupakan proyek-proyek unggulan dengan tema kompleks dan alur 'berbobot', yang tentunya bakal membuat penonton 'mikir keras' untuk memahami plot ceritanya. Apa saja?

WowKeren - Seluruh masyarakat di Tanah Air saat ini diharuskan untuk mematuhi kebijakan social distancing serta self quarantine demi menekan angka penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia. Bahkan beberapa sekolah dan kantor pun telah diliburkan supaya masyarakat bisa berdiam diri di rumah dan menghindari keramaian.

Akan tetapi, berada di rumah seharian tentu bukan hal yang mudah. Rasa bosan akibat larangan bersosialisasi pun pasti muncul. Namun jangan khawatir, social distancing bisa jadi kegiatan yang menyenangkan dengan berbagai hiburan online, lho.


Bukan cuma berselancar di dunia maya, menonton beberapa sajian menarik pun tentunya menjadi hiburan yang bisa membunuh rasa bosan dan membuat kegiatan #DiRumahAja jadi lebih menyenangkan. Salah satunya adalah menonton film-film peraih penghargaan Oscar, yang pastinya bakal membuat momen social distancingmu jadi lebih seru.

Biasanya, film-film tipe "Oscar" ini merupakan proyek-proyek unggulan dengan tema kompleks dan alur "berbobot", yang tentunya bakal membuat penonton "mikir keras" untuk memahami plot ceritanya. Nah, buat kamu yang doyan nonton film-film prestise, ada baiknya simak rekomendasi 10 film Oscar yang dirangkum oleh tim Wowkeren.com berikut ini!

(wk/luth)

1. Marriage Story


Marriage Story
Heyday Films

Akting jempolan Scarlett Johansson dan Adam Driver dalam film "Marriage Story" ini berhasil memukau para penonton yang menggemari genre drama. Film yang berkisah soal lika-liku kehidupan rumah tangga ini bahkan berhasil masuk dalam lima nominasi Oscar 2020, lho!.

Film yang bercerita tentang proses perceraian pasangan suami istri ini terlihat manis meski getir. Film yang berhasil memboyong satu piala Oscar ini dijamin bakal bikin perasaanmu campur aduk, bahkan bisa membuatmu menangis dan baper berkepanjangan.

2. The Irishman


The Irishman
Tribeca Productions

Dibintangi oleh Al Pacino - Robert De Niro, dan diarahkan oleh sutradara kondang Martin Scorsese. Sudah tentu, "The Irishman" pun langsung menjadi salah satu film yang paling difavoritkan di Oscar 2020.

Masuk dalam delapan kategori dalam ajang Oscar, film ini bercerita tentang pembunuh bayaran tahun 1970-an dan diadaptasi dari buku berjudul "I Heard You Paint Houses". Buat kamu penggemar film-film besutan Martin Scorsese, "The Irishman" bakal jadi teman yang asyik menikmati waktu social distancingmu.

3. The Two popes


The Two popes
Netflix

Kalau sudah mendengar nama Jonathan Pryce dan Anthony Hopkins, sudah tentu film yang dibintangi oleh dua aktor kawakan tersebut akan melenggang mulus di ajang Oscar. Terbukti, "The Two Popes" berhasil masuk dalam tiga kategori di ajang penghargaan bergengsi tersebut.

Disutradarai oleh Fernando Meirelles dan ditulis oleh Anthony McCarten, "The Two Popes" digarap berdasarkan kisah nyata dari persahabatan antara Paus Benediktus dan Kardinal Jorge Bergoglio yang sekarang kita kenal sebagai Paus Francis.

Tapi jangan salah dulu, film ini bukan berkisah soal agama, lho. "The Two Popes" lebih cenderung menyoroti seorang pemimpin agama yang juga merupakan manusia biasa yang pernah melakukan kesalahan. Untuk kamu penggemar film bertema berat yang intens namun menyentuh hati, enggak ada salahnya "The Two Popes" jadi pertimbangan buat menemani akhir pekanmu.

4. Roma


Roma
Esperanto Filmoj

Ini nih film yang sempat bikin gempar Oscar tahun lalu. Bagaimana tidak? Film garapan sutradara Alfonso Cuaron ini berhasil menyabet tiga piala di kategori bergengsi sekaliber Best Director, Best Cinematography, serta Best Language Film. Padahal, "Roma" adalah film Meksiko, alih-alih menyasar ranah Hollywood.

Dari segi cerita, "Roma" mengangkat kisah tentang peran pembantu rumah tangga dalam sebuah keluarga Meksiko era 70-an. Banyak konflik yang terjadi seperti keretakan kelaurga, masa-masa demontrasi dan sebagainya.

5. uncut Gems


uncut Gems
A24

Kamu pecinta film bergenre thriller kriminal?

Jika iya, "Uncut Gems" adalah pilihan yang paling cocok buat kamu tonton selama menemani masa #DiRumahAja. Film ini dibintangi aktor kawakan Adam Sandler sebagai Howard Ratner, seorang Yahudi tukang perhiasan yang jadi pecandu judi di Distrik Diamond New York City. Dia terpaksa mengambil kembali permata batu opal hitam mahal yang ia beli untuk membayar utang.

Momen-momen awal film mungkin kelihatan santai dan tenang, tapi ada sejumlah adegan tak terduga di mana penonton mendadak dilempar ke tengah keriuhan toko perhiasan Ratner yang disatroni debt collector. Adu jotos, teriakan dan makian dilontarkan dari segala arah, terlebih setting toko yang sempit bikin adegan ini terasa luar biasa tegang.

6. Inception


Inception
Warner Bros.

Film rilisan tahun 2010 ini ditukangi oleh sutradara kondang Christopher Nolan dan dibintangi oleh aktor papan atas Leonardo DiCaprio. Film peraih empat piala Oscar ini berkisah tentang seorang pria bernama Dominic Cobb yang menjalankan bisnis spionase dengan cara yang unik.

Pasalnya, Cobb akan memasuki alam bawah sadar targetnya untuk membentuk pikiran atau mengarahkan sesuatu. Alam bawah sadar yang dimaksud seperti pada saat seseorang bermimpi.

Buat kalian para pecinta film-film garapan Christopher Nolan yang dikenal selalu "rumit" dan "menegangkan", "Inception" tentunya jadi pilihan favorit yang sayang banget untuk dilewatkan.

7. The Edge of Democracy


The Edge of Democracy
Netflix

Nah, film yang satu ini cocok banget buat kamu yang suka genre-genre politik dan segala intrik di dalamnya. "The Edge of Democracy" yang dirilis tahun 2019 ini bercerita soal berakhirnya rezim militer memimpin Brasil dalam waktu yang lama. Tumbangnya rezim militer ini memberikan kegembiraan yang luar biasa bagi masyarakat Brasil.

Film ini memberikan alur yang bisa dibilang cukup cerdas dan menggiring penonton untuk memahami pola pikir para politikus yang haus akan kekuasaan. Sejumlah intrik, taktik politik, penggiringan opini, dan aspek-aspek lainnya yang diusung dalam "The Edge of Democracy" ini dijamin bakal bikin kamu geregetan saat menontonnya.

8. American Factory


American Factory
Netflix

"American Factory" berhasil memboyong penghargaan Film Dokumenter Terbaik di ajang Oscar 2020. Yang membuat "American Factory" lebih istimewa adalah fakta bahwa film ini merupakan dokumenter yang jadi debut Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama di industri perfilman. Di film ini, Obama dan Michelle turut andil jadi produser bersama perusahaannya, Higher Ground Production.

"American Factory" berawal dari diberhentikannya para pekerja General Motors, pabrik otomotif di Ohio, Amerika Serikat, yang tutup di tahun 2008. Selang beberapa tahun, sebagian dari pekerja yang kena PHK ini direkrut perusahaan kaca otomotif asal Tiongkok, Fuyao Glass America, yang menempati pabrik yang awalnya dimiliki oleh General Motors.

Berdirinya Fuyao Glass America bikin karyawan asal Amerika Serikat dan Tiongkok ditempatkan dalam satu divisi yang sama, padahal keduanya punya kultur kerja dan cara pikir yang bertolak belakang. Dari sinilah kita bakal dilihatin gimana kedua polar opposite ini saling berbenturan dan menimbulkan berbagai reaksi yang beda di mata para karyawan. Bagaimana? Penasaran?

9. Icarus


Icarus
Netflix

Kalau "American Factory" jadi Film Dokumenter Terbaik Oscar 2020, maka "Icarus" lebih dulu menyabet predikat tersebut di tahun 2018 lalu. Bedanya, "Icarus" mengangkat tema yang lebih "berani", yaitu soal skandal doping besar-besaran dalam dunia olahraga yang terjadi di Rusia.

"Icarus" mengikuti kisah tentang seorang atlet sepeda asal Amerika terjerumus dalam penggunaan obat doping. Setelah ada penelusuran lebih lanjut, ternyata penggunaan doping atlet tersebut terafiliasi dengan ilmuan asal Rusia.

Secara garis besar, "Icarus" benar-benar dikemas sebagai film yang berani dan vokal. Untuk kamu yang menggemari film-film dokumenter yang intens dan menegangkan, "Icarus" patut menemani akhir pekanmu sebagai tontonan yang mengasyikkan.

10. American Sniper


American Sniper
Warner Bros.

Rekomendasi terakhir ini datang untuk kalian para pecinta film aksi peperangan. Sesuai judulnya, "American Sniper" bercerita soal legenda penembak jitu bernama Chris Kyle yang diperankan oleh Bradley Cooper.

Chris Kyle menjadi prajurit kebanggaan Amerika Serikat selama pertempuran di Timur Tengah. Mulanya Kyle adalah seorang pria yang berprofesi sebagai koboi rodeo, sebelum akhirnya ia bergabung dengan satuan prajurit SEAL Amerika. Setelah kejadian 9/11 di New York, ia memutuskan bergabung dengan pelatihan militer dan kemudian ditugaskan ke Irak.

Kyle dinilai sangat baik menjalankan tugas sehingga dijuluki sebagai seorang legenda. Mengalami apa yang terjadi di medan perang bukannya membuat Kyle takut, malah ia ingin tetap berada disana melindungi rekan-rekannya. Ia merasa amat bertanggung jawab apabila timnya gagal menjalankan misi.

Namun seiring dengan "prestasinya" di medan perang, Kyle menjadi buronan terbesar para teroris sebagai musuhnya. Kyle jadi salah satu prajurit yang paling dicari bahkan kepalanya dijadikan sayembara dengan nilai USD 100 ribu.

"American Sniper" tak hanya berkisah tenang perang dan adegan tembak-menembak ataupun pembunuhan. Film ini juga menonjolkan aspek-aspek penting lainnya, dan tak lupa memberikan pesan moral dan semangat nasionalisme.

Untuk kamu yang ingin tontonan intens nan memacu adrenalin di akhir pekan, film yang berhasil mengantarkan Bradley Cooper meraih piala Aktor Terbaik Oscar ini patut banget kamu saksikan.

You can share this post!

Related Posts