PSBB Jakarta, Minimarket Jadi Sasaran Utama Penjarahan Para Perampok
Nasional

Imbas aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, minimarket dilaporkan telah menjadi sasaran utama para perampok untuk melakukan aksi penjarahan.

WowKeren - Provinsi DKI Jakarta telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lebih dari satu minggu yang lalu. PSBB DKI Jakarta ini diberlakukan sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus corona (COVID-19).

Namun, PSBB Jakarta ini rupanya berpotensi meningkatkan aksi kriminal. Polda Metro Jaya baru saja mengungkapkan jika minimarket yang berada di Jakarta saat ini menjadi sasaran utama aksi perampokan akibat diterapkannya PSBB.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus mengatakan jika para pelaku perampokan yang biasa melancarkan aksinya di rumah-rumah warga akan bergeser ke supermarket. Pasalnya, wabah virus corona telah membuat masyarakat banyak yang menetap di rumah mereka masing-masing.

”Beberapa minimarket juga yang dijadikan sasaran,” kata Yusri seperti dilansir dari CNNIndonesia, Senin (20/4). “Karena sekarang rumah kan sudah agak jarang, pergeseran-pergeseran itu ada.”


Demi mencegah aksi perampokan tersebut, Polda Metro Jaya telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi. Salah satunya adalah dengan meminta setiap Polres untuk memetakan wilayah-wilayah yang rentan dengan aksi kriminal.

Yusri menjelaskan jika pemetaan ini akan dilakukan dengan melihat jenis tindak kejahatan yang biasa terjadi. Selain itu, kemungkinan waktu tindak kejahatan dan modus yang digunakan juga akan dilakukan pemetaan untuk mengetahui tingkat risiko aksi perampokan.

Setelah data-data dikumpulkan, kepolisian akan mengerahkan tim keamanan untuk selalu mengawasi dan menjaga keamanan di sekitar tempat-tempat yang berbahaya tersebut. “Dari situ baru kemudian kami melakukan pengamanan dan penjagaan di lokasi yang rawan itu,” terang Yusri.

Kepolisian juga akan terus menggelar patroli semasa PSBB berlangsung di sejumlah wilayah. Selain itu, operasi hingga razia juga akan terus dilakukan secara disiplin di seluruh wilayah ibu kota.

Yusri berjanji jika kepolisian akan menindak tegas pelaku-pelaku kejahatan di tengah wabah virus corona saat ini. “Kami melakukan tindakan tegas terhadap pelaku-pelaku kejahatan, tindakan tegas dan terukur,” pungkasnya.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait