Olahraga Berlebihan Saat Masa Isolasi Disebut Bisa Tingkatkan Risiko Corona, Ini Penjelasannya
Health

Aktivitas fisik yang teratur memang dapat meningkatkan kemampuan melawan virus dalam tubuh, namun olahraga berlebihan justru disebut berbahaya. Begini pemaparan dosen Ilmu Olahraga dan Kesehatan di Universitas Liverpool Hope, Dr Matthew Jackson.

WowKeren - Pandemi corona (Covid-19) membuat aktivitas masyarakat di luar rumah menjadi terbatas. Dalam masa isolasi, masyarakat pun disarankan untuk tetap berolahraga demi menjaga kesehatan.

Melansir Daily Mail, aktivitas fisik yang teratur memang dapat meningkatkan kemampuan melawan virus dan infeksi dalam tubuh. Namun, olahraga berlebihan justru berbahaya dan disebut dapat menghambat sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh dosen Ilmu Olahraga dan Kesehatan di Universitas Liverpool Hope, Dr Matthew Jackson. Meski mendorong orang-orang untuk tetap aktif dan sehat selama isolasi sosial, Dr Jackson juga menyarankan agar para penggemar olahraga tidak berlatih secara berlebihan karena stres berpotensi membuat tubuh terpapar pada patogen invasif.


"Untuk kebanyakan orang, berolahraga secara teratur adalah cara yang sangat bagus untuk meningkatkan fungsi imun dan memberikan pertahanan terhadap virus," tutur Dr Jackson melansir Daily Mail pada Selasa (21/4). "Tetapi Anda harus berhati-hati agar tidak masuk ke dalam kategori over-training di mana Anda dapat membahayakan kekebalan Anda."

Lebih lanjut, Dr Jackson juga merujuk pada penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa kadar imunoglobulin (antibodi) dan limfosit (sel darah putih) ditemukan lebih rendah setelah olahraga berat. Oleh sebab itu, ia merekomendasikan agar orang-orang membatasi waktu olahraga, khususnya saat pandemi.

"Dalam iklim virus corona saat ini, Anda seharusnya tidak benar-benar berolahraga lebih dari satu jam per sesi," terang Dr Jackson. "Tetap aktif untuk menjaga kebugaran Anda, tetapi jangan mengambil risiko dengan melakukan secara berlebihan dan membahayakan sistem kekebalan tubuh Anda dan pada saat yang sama berpotensi berhubungan dengan lebih banyak orang yang mungkin membawa penyakit ini (Covid-19)."

Menurut Dr Jackson, yang paling penting dilakukan untuk mencegah cedera adalah waktu rehat. Sementara itu, menurut NHS, orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang dalam seminggu, atau 75 menit aktivitas intensitas kuat dalam seminggu.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru