WHO Pastikan Virus Corona Bukan Hasil Rekayasa Manusia
Dunia

Selain membantah rumor yang beredar soal asal virus corona, WHO juga berkeras menepis tudingan banyak pihak yang menyebut mereka telah menyembunyikan informasi penyebaran pandemi ini.

WowKeren - Organisasi Kesehatan Dunia alias World Health Organization (WHO) turut buka suara soal rumor asal-usul virus corona (COVID-19). Mereka meyakini bahwa virus yang telah menginfeksi lebih dari 2,5 juta penduduk dunia tersebut bukanlah hasil rekayasa manusia seperti yang dirumorkan.

Dilansir CNN pada Rabu (22/4), WHO menegaskan bahwa masih sulit mengidentifikasi secara tepat dari mana asal pandemi ini. Kendati demikian, bukti-bukti yang didapat menunjukkan bahwa virus ini berasal dari kelelawar, alih-alih hasil rekayasa laboratorium di Wuhan sebagaimana rumor yang berkembang.

"Pada tahap ini, sangat tidak mungkin untuk menentukan secara tepat asal muasal virus yang menyebabkan pandemi COVID-19. Kendati demikian, semua bukti-bukti menunjukkan virus tersebut berasal dari hewan dan tidak dimanipulasi atau dibuat. Virus itu kemungkinan besar dibawa oleh kelelawar," kata juru bicara WHO, Fadela Chaib, dalam jumpa pers di Jenewa, Swiss, pada Selasa (21/4) waktu setempat.

Lebih lanjut, Fadela Chaib juga berharap warga dunia tetap berpegang terhadap fakta dan bukan teori yang bermunculan saat ini tentang sumber virus corona. "Banyak ahli sudah melihat sifat genom virus tersebut, dan mereka menemukan bukti hal itu bertentangan dengan klaim yang menyatakan virus tersebut direkayasa di laboratorium," ujar Chaib menambahkan.


WHO juga berkeras membantah tudingan banyak pihak yang menyebut mereka telah menyembunyikan informasi penyebaran pandemi virus corona. Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan tidak ada yang dirahasiakan sejak hari pertama penyebaran virus corona. Pernyataannya itu menjawab kecaman Amerika Serikat yang menuduh jika WHO selama ini meremehkan COVID-19 yang semula menyebar di Tiongkok.

Di sisi lain, sumber sebenarnya dari virus corona yang telah menginfeksi jutaan orang di dunia dan menewaskan lebih dari 177 ribu orang secara global ini memang masih menjadi misteri hingga kini.

Rumor sebelumnya menyebut bahwa virus corona berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, Institut Virologi Wuhan. Namun bukan diciptakan sebagai senjata biologis, melainkan lebih sebagai bagian dari upaya Tiongkok untuk menunjukkan kemampuannya mengidentifikasi dan memerangi virus setara atau lebih hebat dari kemampuan AS.

Laporan ini dan sejumlah laporan lainnya mengindikasi bahwa laboratorium di Wuhan yang menjadi lokasi eksperimen virus dan lemahnya standar keamanan di sana, telah memicu seseorang terinfeksi dan muncul di pasar seafood Huanan, tempat virus corona mulai menyebar.

Institut Virologi Wuhan sendiri telah menepis rumor yang menyebut virus corona disintesis secara buatan di salah satu laboratorium mereka.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru