Media Korea Utara Tetap Bungkam Soal Kondisi Kesehatan Kim Jong Un
Getty Images
Dunia

Alih-alih memberitakan konfirmasi soal spekulasi kesehatan Kim Jong Un, media Korea Utara malah memilih untuk menerbitkan laporan tentang pencapaian pemerintahan Kim dan persoalan ekonomi.

WowKeren - Ketika sejumlah media internasional berspekulasi tentang kondisi Kim Jong Un yang dikabarkan kritis, media pemerintah Korea Utara justru seakan bungkam pada topik tersebut. Bahkan media Korea Utara malah memilih untuk menerbitkan laporan tentang pencapaian pemerintahan Kim dan persoalan ekonomi.

Terkait hal ini, mantan wakil duta besar Korut untuk London, Thae Yong-ho, mengatakan bahwa keheningan media Pemerintah Korut terkait kesehatan Kim sangat aneh. Pasalnya, biasanya setiap ada berita kontroversi tentang Kim, media pemerintah langsung memberikan bantahan.

"Setiap kali ada kontroversi tentang (Kim), Korea Utara akan mengambil tindakan dalam beberapa hari untuk menunjukkan bahwa dia masih hidup dan sehat. Ketidakhadiran Kim dalam peringatan pada 15 April tidak pernah terjadi sebelumnya," ujar Thae yang membelot ke Korsel pada 2016.

Bukan hanya Thae Yong-ho, seorang profesor dari Universitas Studi Korea Utara, Yang Moo-jin, juga turut buka suara soal hal ini. Yang Moo-jin juga menyebut bahwa orang-orang di sekitar Kim Jong Un tak akan berani berbicara tentang kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara tersebut, terutama media.

"Sangat tidak mungkin bahwa tenaga medis atau orang lain di sekitar Kim Jong Un akan berani berbicara tentang kondisi kesehatannya dalam keadaan apa pun," kata Yang dilansir South China Morning Post pada Rabu (22/4).


"Jika sesuatu yang sangat buruk terjadi pada Kim, Korea Utara akan menutup perbatasannya dan para diplomat serta jurnalis asing di Pyongyang akan diawasi dengan ketat," lanjutnya. "Tetapi kami tidak melihat gerakan semacam itu."

Terlepas dari hal tersebut, baru-baru ini Kim Jong Un diketahui melewatkan perayaan ulang tahun sang kakek, Kim Il-Sung pada 15 April lalu. Hal itu menimbulkan spekulasi terkait kondisinya. Sebab, perayaan hari jadi mendiang sang kakek, pendiri negara, merupakan salah satu hari libur nasional paling penting di Korea Utara.

Sementara itu, Daily NK yang mengutip sumber-sumber internal melaporkan, Kim sedang beristirahat dan menjalani pemulihan di sebuah vila di daerah resor Gunung Kumgang, Hyangsan. Dia sebelumnya telah menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April di sebuah rumah sakit.

Menurut Daily NK, kesehatan Kim telah menurun dalam beberapa bulan terakhir. Kim dikenal sebagai perokok berat, dan mengalami obesitas. Selain itu, dia terlalu banyak bekerja sehingga kurang istirahat.

"Setahu saya adalah bahwa dia telah berjuang (dengan masalah kardiovaskular) sejak Agustus lalu tetapi memburuk setelah kunjungan berulang ke Gunung Paektu," kata salah satu sumber.

Kim dilarikan ke rumah sakit setelah memimpin pertemuan politbiro Partai Buruh yang berkuasa pada 11 April. Itu adalah terakhir kali Kim muncul di depan publik.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru