Netflix Makin Berjaya dan Untung Besar Berkat Corona, Raup 16 Juta Pelanggan Baru Sejak Awal Tahun
Getty Images
SerbaSerbi
Pandemi Virus Corona

Alih-alih merugi layaknya bisnis lainnya, raksasa streaming tersebut justru dilaporkan mendulang 15,77 juta pelanggan baru di kuartral pertama 2020 berkat pandemi virus corona ini.

WowKeren - Sejumlah sektor industri di seluruh dunia mungkin memang mengalami dampak buruk akibat adanya pandemi virus corona (COVID-19). Bahkan tak jarang, ada pula yang lumpuh total hingga berimbas pada kelangsungan nasib para pekerjanya. Namun tampaknya hal tersebut sama sekali tak berlaku untuk raksasa streaming Netflix.

Alih-alih merugi, Netflix justru dilaporkan mendulang 15,77 juta pelanggan baru di kuartral pertama 2020 berkat pandemi virus corona ini. Pasalnya, imabauan stay at home dan social distancing membuat semua orang beralih ke layanan streaming dan mencetak rekor keuntungan bagi Netflix.


Dilansir BBC pada Kamis (23/4), kini Netflix mengatakan telah memiliki 182,9 juta pelanggan secara global hingga akhir kuartal pertama. Capaian itu naik 22,8 persen dari awal tahun.

Pencapaian ini tentu saja melampaui ekspektasi mereka di kuartal pertama 2020 sebelum pandemi corona merebak ke seluruh penjuru dunia. Dikatakan bahwa Netflix sebelumnya telah memberi tahu investor bahwa mereka berharap bisa menambah 7 juta pelanggan, dan kini mereka justru berhasil mengumpulkan hampir 16 juta pelanggan baru akibat COVID-19.

"Pertumbuhan pelanggan kami secara temporer telah terdongkrak karena kebijakan isolasi," kata Netflix dalam pernyataan resmi.

Kendati demikian, Netflix menyebut penguatan nilai tukar dolar juga menurunkan pendapatan internasional mereka. Untuk kuartal selanjutnya, Netflix menargetkan penambahan pelanggan sebesar 7,5 juta dari seluruh dunia.

Tercatat, sejumlah konten orisinal Netflix berhasil mendulang penonton kala masa karantina akibat pandemi. Sejumlah konten itu adalah "Tiger King" dengan perolehan 64 juta penonton, "Spenser Confidental" dengan 85 juta, dan "Love is Blind" dengan 30 juta. Selain itu ada "La Casa de Papel" alias "Money Heist" dengan 65 juta penonton.

Meski menuai untung besar selama masa pandemi corona, Netflix sendiri mengaku berharap bahwa wabah pandemi ini segera berakhir, walaupun mereka yakin jika nanti jumlah penonton dan pelanggan mereka akan menurun. "Semoga, perkembangan melawan virus akan mengizinkan pemerintah untuk meninggalkan karantina rumah segera. Dan ketika itu terjadi, kami menduga jumlah pertumbuhan pelanggan dan penonton akan menurun."

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts