Ramai Dikabarkan Kritis, Kim Jong Un Kirim Surat ke Presiden Suriah Bashar al-Assad
Dunia

Pemimpin Korea Utara tersebut menuliskan surat balasan usai Presiden Bashar menyampaikan pesan ucapan selamat untuk perayaan hari kelahiran Kim Il-sung, yang tak lain adalah kakek Kim Jong Un.

WowKeren - Akhir-akhir ini pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, tengah ramai dikabarkan dalam kondisi kritis usai melakukan operasi kardiovaskular. Namun kini, laporan terbaru justru menyebut bahwa Kim baru saja mengirim surat untuk Presiden Suriah, Bashar Al-Assad.

Dilansir dari Mirror.co.uk pada Jumat (24/4), dalam surat itu Kim Jong Un menyampaikan terima kasih sedalam-dalamnya kepada Presiden Bashar. Korean Central News Agency (KCNA) mengabarkan, sebelumnya Presiden Bashar menyampaikan pesan ucapan selamat untuk perayaan hari kelahiran Kim Il-sung, yang tak lain adalah kakek Kim Jong Un.

"Kim Jong Un, dalam pesannya, menyatakan rasa terima kasihnya yang dalam kepada Presiden Republik Arab Suriah karena mengirim pesan salamnya yang tulus, yang mencerminkan rasa hormat yang hangat kepada Presiden Kim Il Sung, yang selalu hidup di hati para rakyat Korea dan pemimpinnya, di hari ulang tahunnya yang ke-108."

KCNA menyebut bahwa ucapan selamat dari Presiden Bashar mencerminkan penghormatan bagi Kim Il-Sung. Tak hanya itu, ikatan kerja sama Korut dengan Suriah juga dikatakan akan makin kuat dengan niat mulia para pemimpin sebelumnya dan keinginan rakyat kedua negara. "Pesan tersebut mengharapkan Presiden Suriah selalu sehat dan makin sukses dalam tugasnya," tulis KCNA.


Sayangnya, pemberitaan tersebut sama sekali tidak menyertakan kabar terbaru terkait kondisi Kim Jong Un yang kini menjadi tanda tanya besar di kalangan publik.

Spekulasi soal kondisi kesehatan Kim Jong Un sendiri mulai merebak setelah putra mendiang Kim Jong-il itu tak terlihat dalam acara tahunan perayaan kelahiran Kim Il-sung di Istana Matahari Kumsusan pada 15 April lalu. Hal itu menimbulkan spekulasi terkait kondisinya. Sebab, perayaan hari jadi mendiang sang kakek, pendiri negara, merupakan salah satu hari libur nasional paling penting di Korea Utara.

Sementara itu, Daily NK yang mengutip sumber-sumber internal melaporkan, Kim sedang beristirahat dan menjalani pemulihan di sebuah vila di daerah resor Gunung Kumgang, Hyangsan. Dia sebelumnya telah menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April di sebuah rumah sakit.

Menurut Daily NK, kesehatan Kim telah menurun dalam beberapa bulan terakhir. Kim dikenal sebagai perokok berat, dan mengalami obesitas. Selain itu, dia terlalu banyak bekerja sehingga kurang istirahat.

Kim Jong Un sendiri muncul terakhir kali di depan umum pada 11 April lalu saat memimpin pertemuan Partai Buruh dalam rangka penanggulangan pandemi virus corona.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait