6 Grup Rookie Ini Disebut Berpotensi Jadi Pembawa Era Generasi Ke-4 'Gantikan' BTS, EXO dan TWICE
Musik

Menurut standar netizen Korea, faktor kunci dalam membangun gelombang generasi ke-4 adalah bangkitnya grup-grup idol generasi baru, yang berarti bahwa publik menerima generasi baru sebagai idola paling terkenal saat ini.

WowKeren - Salah satu topik yang paling banyak diperdebatkan oleh para penikmat musik K-Pop adalah apakah generasi ke-4 sudah dimulai dan siapa saja representatifnya. Tak semua grup rookie tentu layak disebut sebagai representatif dari sebuah generasi musik K-Pop.

Menurut standar netizen Korea, faktor kunci dalam membangun gelombang generasi ke-4 adalah bangkitnya grup-grup idol generasi baru ke puncak piramida, yang berarti bahwa publik Korea menerima generasi baru sebagai idola paling terkenal saat ini.


Mengikuti standar ini, banyak netizen percaya bahwa masih terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa generasi ke-4 K-Pop telah dimulai. Menurut standar netizen Korea, K-Pop saat ini masih diwakili oleh grup-grup generasi ke-3 teratas (BTS (Bangtan Boys), TWICE, EXO, dll).

Ketika melihat kembali ke generasi sebelumnya dengan mereferensikan boy grup top pada zaman itu, setiap generasi dibagi sebagai berikut (sesuai pendapat netizen):

Generasi ke-1 di mana H.O.T mendirikan era & g.o.d yang paling dikenal publik. Generasi ke-2 di mana TVXQ mendirikan era & Big Bang yang paling dikenal publik. Generasi ke-3 di mana EXO mendirikan era & BTS yang paling dikenal publik.

K-Pop

Source: Allkpop

Mungkin butuh waktu lama sebelum generasi baru grup idola mengambil alih sebagai "grup paling terkenal saat ini". Tapi di sini ada 6 grup teratas yang menurut netizen memiliki potensi paling besar untuk menjadi grup representatif generasi ke-4 yaitu Stray Kids (debut Maret 2018), (G)I-DLE (debut Mei 2018), LOONA (debut Agustus 2018), ATEEZ (debut Oktober 2018), ITZY (debut Februari 2019) serta TXT (debut Maret 2019).

"Momen ketika sebuah grup menggantikan BTS, EXO, dan TWICE, saat itulah mereka membuka generasi ke-4."

"Saat ini masih generasi ke-3,5. Jika ada grup yang mendapatkan popularitas dan membuka generasi ke-4, maka segalanya akan berubah. Saat ini, hanya benih-benih generasi ke-4 yang muncul."

"Generasi yang relevan saat ini masih generasi ke-3. Hanya karena ada banyak rookie bukan berarti generasi ke-4 telah dimulai."

"Yang pasti, belum ada yang membuka generasi ke-4. Dan belum tentu sebuah grup harus melampaui BTS untuk membuka generasi baru. Tidak apa-apa selama grup baru itu membuat dampak yang menonjol."

"Itu sebabnya kau hanya bisa menentukan satu generasi setelah generasi sebelumnya agak berlalu."

"Untuk girl grup, syaratnya harus seperti sensasi 'Cheer Up' berikutnya."

"Mungkin salah satu grup SM perlu membuka generasi ke-4 pada akhirnya ? Semua generasi selalu diawali oleh grup SM."

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts