Kirim Tim Medis Khusus ke Korea Utara, Tiongkok Tak Mau Beri Informasi Soal Kondisi Kim Jong Un
Getty Images
Dunia

Pada Kamis lalu, pemerintah Tiongkok dikabarkan mengirimkan tim khusus yang terdiri dari pakar medis ke Korea Utara. Delegasi tersebut diduga kuat bertujuan untuk mengecek kondisi kesehatan Kim Jong Un.

WowKeren - Pemerintah Tiongkok diketahui telah mengirim tim ahli medis khusus ke Korea Utara untuk mengecek kondisi Kim Jong Un. Delegasi tersebut dipimpin oleh seorang anggota senior dari Departemen Penghubung Internasional Partai Komunis Tiongkok. Disebutkan pula bhawa departemen itu adalah badan yang berurusan langsung dengan negara tetangga Korea Utara.

Kendati demikian, Kementerian Luar Negeri Tiongkok justru mengatakan bahwa mereka tidak memiliki informasi terkait kondisi kesehatan Kim Jong Un. Juru bicara Geng Shuang mengeluarkan pernyataan tersebut saat konferensi pers harian setelah ditanya wartawan mengenai kebenaran laporan bahwa sejumlah pakar medis dikirim ke Korea Utara.

Sebelumnya, tiga orang yang mengetahui perkembangan situasi tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa sebuah tim dari Beijing dikirim ke Korea Utara pada Kamis lalu. Namun sumber tersebut menolak untuk diidentifikasi mengingat sensitivitas persoalan ini.

Akan tetapi, pejabat pemerintah Tiongkok menentang laporan yang menyatakan Kim Jong Un dalam kondisi kritis. Mereka menyatakan tidak menemukan tanda aktivitas tak biasa di Korea Utara.

Sementara itu, Korea Selatan juga terus berusaha meredam spekulasi mengenai kesehatan Kim Jong Un. Moon Chung-in, penasihat kebijakan luar negeri Presiden Moon Jae-in, mengatakan, "Kim Jong Un masih hidup dan dalam kondisi sehat. Ia telah berada di kawasan Wonsan sejak 13 April. Tidak ada perkembangan mencurigakan yang terdeteksi sejauh ini."


Tak hanya itu, Presiden AS Donald Trump pada Kamis lalu juga menampik laporan terkait kondisi Kim Jong Un seperti rumor yang beredar. "Kurasa laporan itu tidak benar," katanya.

Spekulasi soal kondisi kesehatan Kim Jong Un sendiri mulai merebak setelah putra mendiang Kim Jong-il itu tak terlihat dalam acara tahunan perayaan kelahiran Kim Il-sung di Istana Matahari Kumsusan pada 15 April lalu. Hal itu menimbulkan spekulasi terkait kondisinya. Sebab, perayaan hari jadi mendiang sang kakek, pendiri negara, merupakan salah satu hari libur nasional paling penting di Korea Utara.

Sementara itu, Daily NK yang mengutip sumber-sumber internal melaporkan, Kim sedang beristirahat dan menjalani pemulihan di sebuah vila di daerah resor Gunung Kumgang, Hyangsan. Dia sebelumnya telah menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April di sebuah rumah sakit.

Menurut Daily NK, kesehatan Kim telah menurun dalam beberapa bulan terakhir. Kim dikenal sebagai perokok berat, dan mengalami obesitas. Selain itu, dia terlalu banyak bekerja sehingga kurang istirahat.

Kim Jong Un sendiri muncul terakhir kali di depan umum pada 11 April lalu saat memimpin pertemuan Partai Buruh dalam rangka penanggulangan pandemi virus corona.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru