SM Ent Raih Rp 31 Miliar Hanya dari Konser Online SuperM, Bakal Lanjut Usai Corona Mereda?
Getty Images/Andrew Chin
Musik
Dampak Virus Corona Di K-Pop

Untuk menyaksikan konser ini, fans membayar sebanyak Rp 400 ribu. Total 75 ribu fans melakukan streaming konser 'Beyond the Future' dan membayar sejumlah 'harga tiket' tersebut.

WowKeren - Minggu (26/4) lalu, SuperM menggelar konser bertajuk "Beyond the Future" yang merupakan konser pertama mereka di Korea. Konser Taemin dan kawan-kawan ini disiarkan secara live melalui layanan streaming berbayar Beyond LIVE.

Beyond LIVE dihadirkan melalui kerja sama antara SM Entertainment dengan Naver V Live. Konser SuperM sendiri merupakan pembuka dari layanan streaming berbayar ini, yang diadakan karena konser pada umumnya dengan penonton tak memungkinkan untuk digelar akibat pandemi Corona.


Untuk menyaksikan konser ini, fans membayar sebanyak Rp 400 ribu. Total sebanyak 75 ribu orang melakukan streaming konser "Beyond the Future" dan membayar sejumlah "harga tiket" tersebut.

Dengan 75 ribu orang dari 109 negara yang melakukan streaming, SM Entertainment meraih lebih dari USD 2 juta atau sekitar Rp 31 miliar. Sebagai perbandingan, jumlah penjualan tiket untuk konser SuperM "We Are The Future" di The Forum, California adalah USD 1 juta menurut ranking Billboard's Boxscore.

Di sisi lain, 75 ribu orang yang menonton secara legal merupakan jumlah yang kecil jika dibandingkan dengan penonton ilegal. Kabarnya, fans yang menonton konser "Beyond the Future" melalui layanan streaming secara ilegal mencapai lebih dari 300 ribu orang.

Raihan Rp 31 miliar sendiri didapatkan SM Entertainment tanpa harus menyewa venue besar serta membayar biaya hotel dan sebagainya untuk para staf. Namun perolehan ini hanya bisa didapatkan satu kali untuk setiap gelaran konser, berbeda dengan tur.

Dengan keuntungan besar yang didapat SM Entertainment melalui konser online SuperM, tak sedikit yang bertanya-tanya apakah hal ini akan dilanjutkan setelah pandemi Corona mereda. Namun banyak fans yang sangsi karena mereka memilih menonton secara langsung alih-alih streaming.

Sementara itu, ada konser lainnya yang juga akan disiarkan secara live melalui layanan streaming berbayar yaitu konser WayV, NCT 127 dan NCT Dream. Konser WayV yang bertajuk "Beyond the Vision" akan digelar akhir pekan ini.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts