Hari Pertama PSBB Surabaya, Penumpang Minibus Diturunkan Karena 'Kelebihan Muatan'
Nasional

Hari pertama diberlakukannya PSBB Surabaya, masih banyak kendaraan yang melanggar aturan. Salah satunya adalah minibus yang penumpangnya terpaksa diturunkan karena 'kelebihan muatan'.

WowKeren - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik mulai berlaku hari ini (28/4). Petugas keamanan pun dikerahkan agar penyelenggaraan PSBB ini berhasil.

Para petugas ini akan mengecek kendaraan yang akan masuk ke Surabaya. Tak terkecuali identitas dan surat tugas. Pos pemeriksaan terdapat di pintu masuk Surabaya, tepatnya Bundaran Waru.

Dilansir dari Detikcom, sebuah minibus terpaksa menurunkan sebagian penumpang. Pasalnya, minibus tersebut dinyatakan kelebihan penumpang usai diperiksa oleh petugas.

Jika mengacu pada Perwali bagian ketujuh pembatasan penggunaan moda transportasi untuk pengendara orang dan barang, pasal 18 membatasi jumlah penumpang maksimal 50 persen dari kapasitas kendaraan. "Pengendara mobil ada yang overload, tadi ada Elf kita minta turun sebagian penumpangnya karena overload, mobil R4 juga kita minta kembali," kata Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudrajad, Selasa (28/4).


Lebih lanjut, ia mengatakan untuk mobil pribadi beberapa penumpang yang duduk di sebelah pengemudi diminta turun dan pindah duduk di kursi belakangnya. Sebab, satu seat mobil hanya untuk satu penumpang.

"Kalau mobil pribadi duduknya sesuai seat-nya. Yang duduk bersebelahan kami minta turun dan pindah ke belakang," jelasnya. "Kalau seat-nya tiga, ya untuk tiga orang."

Sementara itu, untuk pengendara motor, Irvan mengatakan setidaknya setiap 5 menit ada yang disuruh putar balik karena berbagai macam alasan. Seperti tak membawa surat tugas, berbeda alamat saat berboncengan, hingga tak memakai masker.

Kendaraan roda dua mendominasi "pintu masuk" ke Kota Surabaya pada hari pertama PSBB diterapkan. Sehingga banyak pengendara dari luar pelat L dan W yang dihentikan oleh petugas di titik pengecekan Bundaran Waru.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait