Jangan Sampai Ditegur, Ini Kesalahan Yang Paling Sering Diulang Pengendara Saat PSBB di Surabaya
Instagram/dishubsurabaya
Nasional

Polrestabes Surabaya yang bertugas di checkpoint perbatasan Surabaya dan Sidoarjo membeberkan kesalahan yang acap dilakukan para pengemudi ketika dibatasi oleh peraturan PSBB seperti saat ini.

WowKeren - Hari ini (29/4) wilayah Surabaya Raya memasuki pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hari kedua. Apa yang menjadi sorotan, bahkan menuai cibiran, pada pelaksanaan hari pertama sedianya diperbaiki di hari kedua ini.

Salah satunya terkait pemeriksaan pengemudi kendaraan bermotor di checkpoint perbatasan antara Surabaya dengan Gresik dan Sidoarjo, seperti Bundaran Waru.

Kali ini antrean kendaraan di Bundaran Waru sudah tak sepadat kemarin, namun ada satu kesalahan yang lazim kembali ditemui dari para pengendara tersebut. Kesalahan yang dimaksud adalah perihal surat tugas.

Menurut petugas pemeriksa, banyak kendaraan roda dua berplat non L/W tak memiliki surat keterangan atau tugas yang bisa ditunjukkan. Dengan tegas mereka yang tak bisa menunjukkan surat tugas langsung diminta turun.

Pemeriksaan yang lebih detail juga ditujukan untuk pengendara kendaraan beroda empat. Selain surat tugas, perihal jumlah penumpang di dalam kendaraan juga dicek.


Bagi pengendara yang tak lolos standar pemeriksaan petugas diwajibkan untuk diperiksa kondisi kesehatannya di pos. Selain itu mereka juga akan disemprot dengan disinfektan.

Namun, beruntungnya, mereka masih boleh memasuki Kota Surabaya kendati tak mengantongi surat tugas. Kabag Ops Polrestabes Surabaya, AKBP Anton Elfrino Trisanto mengaku pihaknya hanya memberikan teguran.

"Jadi semacam teguran ya, agar mereka lebih mengerti terkait aturan PSBB. Ini hari ke-2, masih sisa 12 hari," kata Anton, dilansir dari Detik News. "Selanjutnya bila melanggar akan ditindak tegas. Tapi untuk roda 4 mayoritas memang mereka sudah melengkapi surat tugas."

"Untuk roda 2 tadi ditemukan ada beberapa yang tidak membawa surat kelengkapan," imbuhnya. "Jadi mereka yang tidak bawa surat tugas kita tanya tujuannya apa, lalu dicek suhu tubuh mereka di pos. Bila di bawah 38 derajat boleh melanjutkan perjalanan."

Sebelumnya Pemerintah Kota Surabaya sudah mengantongi sejumlah poin evaluasi terkait pelaksanaan PSBB. Selain surat tugas yang kembali banyak diulangi di hari kedua PSBB, terkait pengendara sepeda motor yang berboncengan kendati tak satu alamat juga menjadi hal yang sangat ditekankan petugas.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel