Jarang Digunakan Bikin Kendaraan Rawan Dicuri, Intip 7 Tips Mengamankannya Saat PSBB Berikut!
Tekno

Saat PSBB kendaraan menjadi jarang digunakan dan hanya diparkir di rumah saja. Namun meski begitu, peluang terjadinya pencurian kendaraan justru makin meningkat.

WowKeren - Dampak dari pandemi virus corona (COVID-19) di Indonesia, banyak wilayah kini menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini membuat beberapa orang terpaksa harus bekerja di rumah, bahkan sekolah juga diliburkan.

Oleh karena itu, kendaraan menjadi jarang digunakan dan hanya diparkir di rumah saja. Namun meski begitu, peluang terjadinya pencurian kendaraan justru makin meningkat. Terparkir di garasi saja, tidak menjadikan mobil atau motor kesayangan 100 persen aman dari pencurian atau aksi kejahatan lainnya.

Untuk itu, kalian tetap harus waspada dan mempersiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi segala bentuk pencurian. Bagaimana caranya? Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips mengamankan kendaraan kalian baik motor atau mobil selama PSBB. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Parkir Kendaraan Di Tempat Aman


Parkir Kendaraan Di Tempat Aman

Sebenarnya, memarkir kendaraan di rumah sendiri merupakan cara yang tidak cukup efektif. Banyak yang menganggap rumah adalah tempat yang aman untuk memarkir kendaraan, nyatanya tak sedikit kasus pencurian yang berhasil mencuri mobil dari rumah korban.

Oleh karena itu, kalian wajib memastikan keamanan garasi dengan memilih material pintu garasi yang kokoh dan dapat menempatkan kamera CCTV. Jika hendak berpergian, pilih tempat yang dekat dengan pusat keramaian dan terpantau oleh kamera CCTV. Hindari juga untuk memilih tempat parkir yang sepi dan gelap, karena akan rawan pencurian.

2. Berikan Perlindungan Ganda


Berikan Perlindungan Ganda

Satu perlindungan saja enggak cukup, oleh karena itu kalian wajib memberikan perlindungan ganda seperti kunci gembok dan alarm. Alarm merupakan pelindung paling umum yang wajib dimiliki pemilik mobil. Meski tak sedikit pencuri yang berhasil mengakali sistem alarm, namun alarm bekerja efektif dalam memperlambat aksi pencurian.

Kalian juga disarankan untuk menggunakan kunci tambahan yang biasanya dipasang pada stir ataupun roda kendaraan. Kunci tambahan ini membuat mobil atau motor kalian tetap pada tempatnya, meskipun pencuri telah berhasil menyalakan mesin mobil.

3. Jangan Tinggalkan Barang Berharga Di Kendaraan


Jangan Tinggalkan Barang Berharga Di Kendaraan

Pastikan untuk tidak meninggalkan barang berharga kalian di kendaraan. Cara ini bertujuan untuk tidak mengundang perhatian pencuri untuk mencuri mobil atau motor kalian. Jika kalian tidak menyimpan barang berharga yang mencolok di dalam kendaraan, pencuri juga akan tidak terlalu memperhatikan kendaraan kalian

Atau untuk lebih baiknya, hindari untuk menyimpan banyak barang apapun di dalam mobil atau motor kalian. Jika terpaksa cobalah untuk menyembunyikan barang-barang tersebut di tempat yang tidak terlihat langsung dari luar kaca mobil.

4. Lakukan Checking Berkala


Lakukan Checking Berkala

Sebelum meninggalkan mobil, kalian wajib melakukan pengecekan ulang. Pastikan jendela dan pintu sudah tertutup rapat semua dan alarm sudah dalam kondisi menyala. Meskipun terlihat merepotkan, tetapi dengan menerapkan cara ini setiap hendak meninggalkan mobil, dapat menurunkan risiko kehilangan kendaraan

Selain itu, lakukan juga pengecekan secara berkala. Pastikan tak ada perubahan posisi atau keanehan yang lain. Perubahan posisi atau ada suatu hal yang janggal bisa jadi salah satu ciri bahwa pencuri mencoba mengutak-atik kendaraan kalian.

5. Pasang GPS


Pasang GPS

6. Amankan Kunci Kendaraan Jauh Dari Pintu Masuk


Amankan Kunci Kendaraan Jauh Dari Pintu Masuk

Jika kalian memutuskan memarkir kendaraan di rumah, jangan sampai kalian menaruh kunci mobil atau motor di dekat pintu masuk. Simpanlah kunci mobil pada tempat yang tak mudah dijangkau oleh pencuri, jika pencuri berhasil diam-diam memasuki rumah kalian.

7. Asuransikan Kendaraan


Asuransikan Kendaraan

Kalian bisa juga memberikan perlindungan ekstra dengan cara mengangsurasikan mobil atau motor kesayangan. Beberapa asuransi menawarkan perlindungan Total Loss Only yang menjamin Total Loss Accident dan Total Loss Stolen.

Asuransi ini akan memberikan jaminan atas kerugian/kerusakan di mana biaya perbaikan kurang lebih 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian dan kehilangan akibat pencurian. Jika ingin memberikan perlindungan yang lebih, ada baiknya memilih perlindungan comprehensive sehingga mobil akan diproteksi baik partial loss maupun total loss.

Intip juga yuk beberapa cara merawat mobil kalian agar tetap prima meski jarang digunakan saat PSBB di sini. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips mengambil uang di ATM agar terhindar dari penyebaran virus Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru