Suku Aborigin Dinyatakan 'Bebas Virus' Selama Pandemi COVID-19
Dunia

Menurut data resmi penyebaran COVID-19 di Kawasan Australia Utara (NT) menunjukkan tak ada warga Aborigin yang terinfeksi virus corona sejauh ini. Hal ini tentunya membuat orang-orang terkejut.

WowKeren - Virus corona telah menyebar ke sejumlah negara di dunia saat ini, salah satunya adalah Australia. Namun, menurut data resmi penyebaran COVID-19 di Kawasan Australia Utara (NT) menunjukkan tak ada warga Aborigin yang terinfeksi virus corona sejauh ini.

Padahal tingkat penyakit-penyakit lainnya sangat tinggi di kalangan penduduk asli benua Australia tersebut. Pekan lalu, Departemen Kesehatan setempat menyatakan dari 28 kasus yang tercatat di (NT), tidak ada satu pun pasien dari kalangan penduduk asli Aborigin atau Torres Strait Islander.

Dua kasus tambahan terdeteksi setelah dua orang tentara Australia kembali ke Darwin, setelah bertugas di Timur Tengah dan dinyatakan positif. Hal ini dinilai oleh berbagai pihak sebagai keberhasilan pemerintah setempat yang sejak dini memberlakukan pembatasan ketat, terutama menutup perbatasan bagi pendatang dari negara bagian lain maupun dari luar negeri.


Dengan tidak adanya orang Aborigin yang terinfeksi COVID-19 membuat John Paterson, Direktur Eksekutif Aliansi Layanan Medis Aborigin di Northern Territory (NT) terkejut. "Langkah-langkah awal seperti menutup perbatasan NT telah membantu menjaga wilayah yang rentan dari bahaya," katanya kepada ABC.

"Membuka kembali perbatasan akan menjadi hal paling terakhir," imbuhnya. "Saya tidak ingin melihat terjadinya gelombang kedua penyebaran virus corona di sini."

Premier Gunner memastikan pembatasan sosial untuk komunitas Aborigin di pedalaman akan tetap diberlakukan sampai 18 Juni mendatang. Kepala Departemen Kesehatan NT Dr Hugh Heggie memperingatkan risiko penyebaran COVID-19 belum berakhir di wilayahnya. "Kemungkinan masih akan ada kasus baru COVID-19 yang didiagnosis di Northern Territory," katanya.

Hingga saat ini, Australia sendiri telah mencatat jumlah kasus terinfeksi COVID-19 6.875. Dengan korban jiwa sebanyak 97 orang dan yang sembuh sebanyak 5.975 orang.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait