Nihil Transmisi Lokal, Korsel Kembali Hadapi Ancaman Wabah COVID-19 Dari Pasien Clubbing
Dunia

Beberapa waktu terakhir Korea Selatan telah berhasil memerangi wabah corona. Sayangnya, pemerintah kembali mengkhawatirkan penyebaran wabah yang dibawa oleh seorang pasien COVID-19 yang pergi ke klub malam di Seoul.

WowKeren - Korea Selatan kerap dipuji atas penanganan coronanya yang cepat. Bahkan Negeri Ginseng tersebut disebut-sebut telah memiliki nol penularan lokal selama beberapa waktu terakhir.

Namun, baru-baru ini seorang pasien membuat sejumlah pihak khawatir. Pasalnya, pria yang dikonfirmasi terinfeksi virus COVID-19 tersebut diketahui kerap mengunjungi klub di Itaewon, salah satu distrik kehidupan malam yang populer di Seoul.

Pria berusia 29 tahun, yang tinggal di Yongin, Provinsi Gyeonggi, memiliki infeksi domestik pertama yang dilaporkan di Korea Selatan dalam empat hari. Padahal selama seminggu terakhir kasus corona di Korea Selatan banyak didominasi dari luar negeri atau imported case.

Pasien yang tidak mengetahui keadaannya tersebut, pergi ke berbagai tempat sehingga menimbulkan kekhawatiran adanya penyebaran yang tidak terdeteksi seperti kasus super spreader sebelumnya. Menurut informasi awal, pria ini tidak diketahui apakah pernah berkontak dengan pasien dan siapapun yang baru saja kembali dari luar negeri.

Pria 29 tahun ini bekerja di sebuah perusahaan perangkat lunak di Seongnam, Provinsi Gyeonggi. Ia mulai merasakan gejala - demam tinggi dan diare - pada hari Sabtu (2/5), kemudian mengunjungi klinik setempat pada hari Minggunya dan akhirnya dites pada hari Selasa kemarin.


Menurut informasi dari pihak berwenang, pria tersebut mengunjungi setidaknya tiga klub malam di Itaewon selama liburan panjang. Ia juga pergi restoran, supermarket, klinik, toko dan farmasi.

Klub-klub Itaewon yang ia kunjungi Jumat malam dan Sabtu pagi memiliki beberapa ratus pengunjung dalam jangka waktu yang sama, yang membuat pemerintah waspada. Hal ini terbukti dengan seorang warga Kota Anyang (31 tahun) yang menemaninya dalam perjalanan ke Itaewon juga dinyatakan positif COVID-19.

Kabar terkait pria tersebut juga turut dilaporkan oleh reporter Washington Post, David Nakamura melalui akun Twitternya. "Korea Selatan tidak mencatatkan kasus domestik baru Covid dalam empat hari tetapi sekarang menjadi wabah setelah seorang pria yang dites positif pergi clubbing di distrik kehidupan malam Seoul. Tidak ada yang tahu bagaimana dia terinfeksi sejak awal," cuitnya di Twitter.

Nihil Transmisi Lokal, Korsel Kembali Hadapi Ancaman Wabah COVID-19 Dari Pasien Clubbing

Twitter

Hingga Kamis (7/5), Korea Selatan telah mencatat empat kasus COVID-19 baru dalam 24 jam terakhir. tiga di antaranya diimpor, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea sedangkan sisanya adalah kasus penduduk Yongin.

Jumlah total kasus virus corona di sini adalah 10.810. Kasus warga Anyang tidak termasuk dalam penghitungan 24 jam terbaru tetapi akan menjadi bagian dari pembaruan berikutnya, yang akan dirilis Jumat (8/5).

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait