Birthday Spotlight: Happy Baekhyun Day
Selebriti

Baekhyun merayakan ulang tahunnya yang ke-28 (29 tahun menurut hitungan Korea) pada 6 Mei lalu. Simak perjalanan karir pelantun 'UN Village' tersebut lewat Birthday Spotlight pekan ini.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, idol populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Baekhyun EXO.

Baekhyun merayakan ulang tahunnya yang ke-28 (29 tahun menurut hitungan Korea) pada 6 Mei lalu. Pemilik nama lengkap Byun Baekhyun itu sempat merayakan ulang tahunnya kali ini dengan menggelar siaran V Live sebagai pengganti fan meeting. Simak perjalanan karir Baekhyun mulai debut hingga kini!

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Baekhyun lahir di Bucheon, Provinsi Gyeonggi dan bersekolah di SMA Jungwon di Bucheon. Ia memiliki seorang kakak laki-laki bernama Byun Baekbeom yang usianya 7 tahun lebih tua darinya. Saat SMA, ia menjadi bagian dari band bernama Honsusangtae di mana mengisi posisi vokalis.

Baekhyun ditemukan oleh agen pencari bakat SM Entertainment saat ia belajar untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian masuk Seoul Institute of the Arts. Ia akhirnya bergabung dengan SM lewat S.M. Casting System dan menjadi trainee pada 2011.

2. Debut


Debut

Baekhyun secara resmi diperkenalkan kepada publik sebagai member EXO-K pada 30 Januari 2012 dan EXO debut dengan merilis mini album "MAMA" pada 8 April 2012. EXO-K menjalani kegiatan promosi selama kurang lebih dua bulan, namun lagu debut mereka yang berjudul sama kurang mendapat tanggapan hangat dari publik.

Meski begitu, baik EXO-K maupun "grup kembaran" mereka, EXO-M, meraih hasil yang sangat baik dalam penjualan album fisik di mana mini album "MAMA" versi Korea dan Mandarin terjual sekitar 500 ribu copy di 2012. EXO juga menjalani masa hiatus yang cukup panjang sebelum mereka comeback dengan full album pertama yang berjudul "XOXO".

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Album "XOXO" memuat title track berjudul "Wolf" yang mengantarkan EXO meraih piala kemenangan pertama mereka di acara musik. Baekhyun dan kawan-kawan membawa pulang trofi "Music Bank" pada 14 Juni 2013.

Pada 5 Agustus 2013, EXO merilis album repackage berjudul "Growl" di mana title track-nya sukses menjadi mega hits dan membuat mereka menjadi boy grup nasional. "Growl" juga berjasa memberikan EXO beberapa trofi Daesang dari ajang penghargaan Melon Music Awards, Mnet Asian Music Awards, Golden Disc Awards serta Seoul Music Awards.

Dan lewat album "Growl" pula EXO dinobatkan sebagai million seller dan sukses menghidupkan kembali pasar album fisik yang sempat lesu. EXO juga menjadi penyanyi pertama di Korea Selatan yang berhasil menjual satu juta copy album dalam 12 tahun.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada Februari 2014, Baekhyun menjadi MC program musik "Inkigayo" bersama Suho hingga November 2014. Juli di tahun yang sama, ia debut di panggung musikal dengan memerankan Don Lockwood dalam musikal "Singin' in the Rain".

Pada Januari 2016, lagu kolaborasi Baekhyun dan Suzy yang berjudul "Dream" dirilis dan sukses besar serta meraih penghargaan. Baekhyun juga sempat berduet dengan K. Will di lagu "The Day", dengan Soyu di lagu "Rain", berkolaborasi dengan rapper Locco di lagu "Young" serta BOLBBALGAN4 di lagu "Leo".

Di bidang akting, Baekhyun debut dengan membintangi drama berjudul "Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo" yang tayang pada 2016 di mana ia beradu akting dengan Lee Jun Ki dan IU. Di tahun sebelumnya, ia juga membintangi web drama berjudul "EXO Next Door".

Baekhyun resmi debut sebagai solois dengan merilis mini album pertamanya yang bertajuk "City Lights" pada 10 Juli 2019. Oktober 2019, ia debut sebagai personel SuperM dan menjalani kegiatan promosi di Amerika Serikat.

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada Juni 2014, media lokal Dispatch mempublikasikan foto-foto kencan Baekhyun dan Tae Yeon Girls' Generation. Foto-foto tersebut menunjukkan dua penyanyi bersuara merdu itu yang sedang berkencan di mobil Tae Yeon. SM Entertainmet kemudian mengkonfirmasi bahwa mereka memang menjalin hubungan.

Gara-gara hubungannya dengan Tae Yeon ini, Baekhyun sempat menuai reaksi keras dari para penggemar di mana sebagian fans Korea bahkan memintanya keluar dari grup. Untungnya, hal tersebut tak berlangsung lama karena pada 2015 saat EXO comeback dengan album "EXODUS", ia telah kembali mendapatkan dukungan fans.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Pada 22 April lalu, salah satu outlet media Korea yakni OSEN melaporkan bahwa Baekhyun sedang bersiap untuk merilis album solo. Hal ini segera dikonfirmasi oleh SM Entertainment yang membenarkan kalau ia akan comeback dengan mini album solo kedua.

Baekhyun akan merilis mini album solo kedua yang berjudul "Delight" pada 25 Mei mendatang. Ini adalah solo pertama Baekhyun dalam tujuh bulan sejak "City Lights", yang sukses mendominasi di situs-situs online. Tak hanya itu, "City Lights" juga sukses memecahkan rekor.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait