Jokowi Beri Kabar Gembira Soal Penelitian Vaksin COVID-19, Apa?
Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kabar gembira terkait penelitian vaksin corona (COVID-19) yang tengah diteliti oleh Kementerian Ristek/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

WowKeren - Presiden Joko Widodo mengungkap adanya sejumlah kemajuan penelitian yang dilakukan Kementerian Ristek/Badan Riset dan Inovasi Nasional terkait virus corona (COVID-19). Seperti yang diketahui Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro berniat untuk meneliti dan memperbanyak vaksin untuk COVID-19.

Jokowi mengungkapkan kabar gembira terkait penemuan vaksin virus corona. "Kemajuan signifikan juga terjadi pada penelitian genom sequencing," ungkapnya. "Ini tahapan yang sangat penting dalam menuju tahapan berikutnya dalam menemukan vaksin yang sesuai dengan negara kita."

Ia juga mengabarkan banyak kemajuan terkait alat-alat untuk berperang melawan virus mematikan ini. "Saya menerima laporan dari Kemenristek dan BRIN bahwa telah berhasil mengembangkan PCR test kit, kemudian non-PCR diagnostic test dan juga ventilator serta mobile BSL 2 (biosafety level-2)," ungkap Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (11/5).

Jokowi berharap inovasi pengujian-pengujian terkait corona ini bisa diproduksi massal. Dengan demikian, Indonesia tak perlu lagi bergantung pada impor dari negara lain. "Kita harapkan paling tidak akhir Mei atau awal Juni sudah mulai kita produksi," jelasnya.


Lebih lanjut, Jokowi juga menyebut adanya ada kemajuan dari pengujian terhadap plasma darah pasien corona yang sudah sembuh untuk pengobatan. Lalu terkait pengujian stem cell untuk memperbaiki organ yang rusak karena COVID-19.

"Juga saya melihat sudah ada kemajuan yang signifikan terhadap pengujian plasma yang rencananya ini akan dilakukan pengujian klinis berskala besar di beberapa rumah sakit dan juga stem cell untuk menggantikan jaringan paru yang rusak," papar Jokowi.

Selain itu, Jokowi berharap agar inovasi-inovasi ini didukung semua pihak. Termasuk diberi kemudahan dalam perizinan dan distribusinya.

"Saya minta seluruh riset dan inovasi tadi ini didukung penuh proses-proses perizinannya dipercepat dan disambungkan dengan industri, baik itu dengan BUMN maupun swasta," tutup Jokowi.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru