Bisa Cegah Obesitas hingga Kurangi Risiko Depresi, Berikut 7 Manfaat Tidur dalam Keadaan Gelap
Health

Kebiasaan tidur dalam keadaan gelap ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Penasaran apa sajakah itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Idealnya, manusia membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam setiap harinya. Hal ini diperlukan untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, menetralisir racun dalam tubuh dan mengembalikan energi tubuh.

Karena pentingnya tidur di malam hari, ada pola tertentu yang sebaiknya kita ikuti agar bisa menghasilkan waktu istirahat yang berkualitas. Salah satunya adalah tidur dalam keadaan gelap alias lampu dimatikan karena bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan.

Lantas, manfaat apa sajakah yang bisa didapatkan jika tidur dengan lampu dimatikan? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh


Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan jika terbiasa tidur dalam kondisi gelap adalah sistem kekebalan tubuh senantiasa terjaga. Saat tidur, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang bisa membuat tidur jauh lebih nyenyak dan berkualitas.

Nah, hormon melatonin tersebut tidak akan bekerja dengan optimal jika kamu tidur dengan lampu dinyalakan. Pasalnya, cahaya lampu bisa mengganggu dan menunda produksi hormon melatenin. Dengan tidur tanpa lampu, kamu tidak hanya menghemat energi dan biaya listrik, tapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga kamu tidak mudah terserang berbagai penyakit.

2. Menurunkan Risiko Depresi


Menurunkan Risiko Depresi
Getty Images

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tidur dalam keadaan gelap juga bisa mendatangkan dampak positif untuk kesehatan mental. Hal ini dikarenakan tubuh menjadi lebih rileks jika lampu dimatikan, sehingga kamu bisa beristirahat dengan baik.

Sebaliknya, tidur dengan menyalakan lampu akan berisiko buruk terhadap perubahan struktur otak yang berujung pada depresi. Sebuah penelitian di Jepang menyebutkan bahwa 8 dari 10 orang yang tidur dalam keadaan gelap memiliki tingkat depresi yang lebih rendah daripada mereka yang tidur dalam keadaan terang.

3. Mencegah Obesitas


Mencegah Obesitas

Bagi kalian yang bermasalah dengan berat badan, sebaiknya mulai biasakan untuk tidur dalam keadaan gelap. Menurut penelitian, tidur dalam keadaan gelap ternyata bisa membakar kalori yang ada di tubuh dan mencegah obesitas.

Hal ini disebabkan karena hormon melatonin yang dapat merangsang produksi lemak beige, lemak yang berfungsi untuk membuang kalori di dalam tubuh. Dengan begitu, kamu tidak perlu susah-susah diet ketat untuk menurunkan berat badan.

4. Menghambat Pikun


Menghambat Pikun

Jika kamu mudah lupa, lebih baik mulai biasakan tidur dalam keadaan gelap. Hal ini dikarenakan tidur yang nyenyak bisa membuat kinerja otak meningkat. Jika kamu tidur dalam keadaan terang, otak cenderung bekerja terus-menerus karena merespon cahaya yang diterima mata. Dengan begitu, otak kurang istirahat dan fungsinya akan terhambat.

Sebaliknya jika kamu tidur dalam ruangan yang gelap, otak akan memiliki waktu istirahat yang cukup. Sehingga kinerja otak akan jadi lebih berkualitas dan menghambat pikun di usia lanjut. Selain itu, kamu juga bisa terhindar dari sikap mudah lupa.

5. Mengatur Hormon Melatonin


Mengatur Hormon Melatonin

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, hormon melatonin memiliki beberapa manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Saat tidur, tubuh mengeluarkan banyak hormon melatonin. Proses ini akan berjalan dengan maksimal jika kita tidur dalam kondisi gelap, karena cahaya akan menghambat pengeluaran hormon melatonin.

Fungsi utama dari hormon melatonin adalah untuk membuat tidur lebih berkualitas dan menghindari risiko terjadinya insomnia. Berikutnya, hormon melatonin juga memiliki fungsi antioksidan dan antiperadangan untuk tubuh. Selain itu, hormon ini juga memiliki pengaruh baik terhadap kesuburan dan siklus menstruasi wanita.

6. Mencegah Kanker


Mencegah Kanker

Manfaat berikutnya yang akan kamu dapatkan jika terbiasa tidur dalam keadaan gelap adalah terhindar dari kanker. Sebuah studi yang dilakukan 10 tahun lalu menemukan fakta bahwa 1.670 wanita yang terpapar cahaya lampu malam 22 persen lebih berisiko terkena kanker payudara daripada mereka yang tidur dalam keadaan gelap.

Menurut para peneliti, hal ini disebabkan oleh gangguan hormon melatonin pada mereka yang tidur dalam keadaan terang. Oleh karena itu, jika kamu ingin mencegah kanker sebaiknya biasakan tidur dalam kegelapan total ya.

7. Menjaga Kesehatan Mata


Menjaga Kesehatan Mata

Tidur dalam keadaan gelap ternyata juga bisa menjaga kesehatan mata. Penelitian menunjukkan bahwa paparan cahaya terang yang diterima seseorang saat tidur selama berjam-jam dapat menekan kadar melatonin lebih dari 50 persen. Efek lebih buruk akan kamu dapatkan jika terlalu lama menatap layar gadget.

Sehingga tidak heran jika kini ada banyak perangkat modern yang memancarkan cahaya biru dari LED untuk menekan melatonin. Hal ini disebabkan karena melanopsin yang merupakan suatu fotopigmen dalam sel-sel khusus retina terlibat dalam pengaturan ritme sirkadian, yang sangat sensitif dengan cahaya biru.

Demikian tujuh manfaat yang akan kamu dapatkan jika terbiasa tidur dalam keadaan gelap. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai gangguan kesehatan yang akan kamu dapatkan jika terbiasa tidur setelah sahur. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahaya yang mengintai jika sering begadang.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait