Nomor 1 Sering Dilakukan, Ini 7 Kesalahan dalam Penggunaan Smartphone yang Bisa Berdampak Buruk
Tekno

Ada beberapa kesalahan dalam menggunakan smartphone yang mungkin tanpa sadar sering kita lakukan. Jika terus dilakukan, berbagai kebiasaan ini bisa merusak ponsel dan mengganggu kesehatan kita.

WowKeren - Saat ini smartphone seolah sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Mulai dari bangun tidur sampai beranjak tidur lagi, kita hampir tak pernah lepas dari smartphone.

Tidak dapat dipungkiri jika berbagai fungsi menakjubkan dalam smartphone sangat membantu aktivitas harian kita. Mulai dari berhubungan dengan orang lain, urusan pekerjaan atau pendidikan hingga mencari hiburan, hampir semuanya kini bisa melalui smartphone.

Sayangnya, tanpa kita sadari ada beberapa kesalahan yang mungkin tidak sengaja kita lakukan saat menggunakan smartphone. Jika terus dilakukan, berbagai dampak buruk kemungkinan besar akan kita dapatkan. Lantas, apa saja kesalahan dalam penggunaan smartphone? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Tidur dengan Smartphone


Tidur dengan Smartphone

Ada banyak sekali orang yang membawa ponselnya saat mereka tidur karena beragam alasan. Padahal, kebiasaan satu ini sangat tidak baik. Perlu diketahui bahwa ponsel pada dasarnya merupakan pemancar dan penerima elektromagnetik, yang berarti dapat menerima gelombang radio. Meski belum terbukti secara ilmiah, penelitian terus menunjukkan bahwa gelombang radio tersebut dapat mempengaruhi otak manusia jika terpapar terlalu lama.

Karena itu, usahakan untuk meletakkan ponsel di meja atau ruangan lain saat kamu tidur, agar kamu bisa mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas. Tapi kalau kamu memang ingin membawanya tidur karena membutuhkan alarm, sebaiknya atur ke mode pesawat. Hal ini diperlukan agar kamu tidak terpapar gelombang radio dan tidurmu tidak terganggu dengan berbagai notifikasi dari ponsel.

2. Terlalu Lama Menatap Layar Terutama Pada Malam Hari


Terlalu Lama Menatap Layar Terutama Pada Malam Hari

Karena ketergantungan yang kita miliki, kita cenderung menatap layar ponsel terlalu lama. Jika dilakukan terus menerus, kebiasaan ini dapat berpengaruh buruk pada kesehatan kita. Hal ini disebabkan karena cahaya biru dari layar ponsel dapat menekan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur manusia.

Ada berbagai dampak yang akan kita dapatkan jika terlalu banyak terpapar cahaya biru ponsel pada malam hari. Yakni mundurnya jadwal tidur, susah tidur, insomnia, tidur jadi tidak nyenyak, sakit kepala dan mengganggu kesehatan mata. Oleh karena itu, saat malam sebaiknya atur ponsel kamu ke dalam mode malam untuk mengurangi cahaya biru.

3. Sering Kontak dengan Kulit Atau Selalu Menggenggamnya


Sering Kontak dengan Kulit Atau Selalu Menggenggamnya

Ada beberapa penelitian yang menghubungkan ponsel dengan kanker kulit. Terutama soal transmisi sinyal 900 MHz yang bisa membuat ponsel panas. Di sisi lain, kulit manusia sangat mudah menyerap panas setiap kali kita menggenggamnya.

Meskipun belum ada bukti langsung terkait hal ini, fakta menunjukkan bahwa rasio penyerapan menurun drastis saat seseorang menjaga jarak dari ponsel. Karena itu sebaiknya gunakan headset atau speakerphone saat menelepon untuk meminimalisir kontak ponsel dengan kulit. Jika kamu tidak sedang menggunakannya, usahakan juga untuk meletakkan ponsel jauh dari jangkauan ya.

4. Mengantongi Smartphone


Mengantongi Smartphone

Apa kamu terbiasa mengantongi smartphone? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan ini mulai dari sekarang. Terlalu sering meletakkan ponsel di kantong, terutama celana jeans yang ketat bisa mengurangi sensitivitas layar.

Selain itu, kebiasaan ini juga memberikan beberapa dampak negatif pada kesehatan. Di antaranya adalah merusak DNA, mempengaruhi kesuburan pria, mengubah metabolisme otak, melemahkan area pinggul serta menurunkan kepadatan tulang.

5. Bermain Smartphone dengan Postur Tubuh yang Salah


Bermain Smartphone dengan Postur Tubuh yang Salah

Penggunaan ponsel yang salah ternyata juga bisa mengakibatkan cedera pada tubuh. Kita sering menggunakan ponsel sampai menunduk saking seriusnya. Kebiasaan ini bisa menyebabkan tekanan pada tulang belakang leher yang meningkat secara bertahap.

Jika terus dilakukan, berat yang dirasakan leher jadi lima kali lebih berat daripada kepala kita sebenarnya. Akibatnya, kamu akan mudah merasa nyeri leher bahkan mengalami kelainan postur. Selain itu, menggunakan ponsel juga dapat menyebabkan cedera pada ibu jari dan membuatnya mati rasa. Karena itu, usahakan memegang smartphone setinggi mata, jaga leher tetap lurus dan jangan mengetik terlalu cepat.

6. Tetap Digunakan Saat Sinyal Lemah


Tetap Digunakan Saat Sinyal Lemah

Tidak sedikit dari kita yang tetap menggunakan ponsel meski sinyalnya sedang lemah, padahal kebiasaan satu ini juga harus dihindari. Perlu diketahui bahwa ketika sinyal ponsel terlihat lemah, artinya ponsel tengah memadamkan sinyal yang lebih kuat sebagai pemancar. Dengan begitu, akan ada lebih banyak energi dari ponsel yang bisa membahayakan kesehatan.

Karena itu, ahli merekomendasikan agar kita menjaga jarak dari ponsel dan tidak menggunakannya terlebih dahulu saat sinyalnya sedang lemah. Karena jika terus kita gunakan, smartphone milik kita akan lebih cepat panas dan semakin berbahaya.

7. Jarang Update Aplikasi dan Install Aplikasi Sembarangan


Jarang Update Aplikasi dan Install Aplikasi Sembarangan

Tidak jarang kita mengabaikan pemberitahuan update aplikasi smartphone. Salah satu alasannya adalah karena tak ingin membuang-buang kuota. Padahal, update aplikasi sangat penting dilakukan untuk menambal celah-celah yang ada di smartphone agar lebih aman dari hacker.

Selain itu, kesalahan lain yang mungkin sering kita lakukan adalah menginstall aplikasi sembarangan. Jika kebetulan aplikasi yang kamu install adalah bajakan dari pihak ketiga, smartphone milikmu berisiko terserang malware berbahaya. Karena itu jika kamu juga terbiasa menginstall sembarang aplikasi, sebaiknya hentikan kebiasaan ini sekarang juga.

Demikian tujuh kesalahan dalam penggunaan smartphone yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips mengisi daya ponsel dengan aman. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengtetahui berbagai cara membersihkan ponsel agar terhindar dari virus dan bakteri.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru