PBB Soroti Krisis Kesehatan Mental di Tengah Pandemi COVID-19
Dunia

Wabah corona (COVID-19) menjadi salah satu penyebab naiknya angka kasus dan keparahan penyakit mental. Ahli kesehatan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pun turut menyoroti persoalan ini.

WowKeren - Ahli kesehatan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menyoroti bahaya krisis kesehatan mental di tengah pandemi corona (COVID-19). Pasalnya, saat ini banyak orang di seluruh dunia menghadapi kematian, isolasi, dan kemiskinan karena adanya wabah.

Direktur departemen kesehatan mental Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Devora Kestel mendorong negara-negara turut mempertimbangkan masalah kesehatan mental dalam kebijakannya. Laporan menunjukkan ada peningkatan kasus dan keparahan penyakit mental.

Sebagai contohnya, seperti kasus-kasus kekerasan dalam rumah tangga di berbagai daerah semakin marak. Di Indonesia, Kepala Staf Presiden Moeldoko menyebut selama periode 16-30 Maret 2020 saja ada 59 kasus kekerasan, perkosaan, pelecehan seksual, dan pornografi yang dicatat oleh Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (APIK).

Sedangkan di Amerika Serikat (AS) beberapa tenaga medis mengalami kombinasi gangguan panik, kecemasan, insomnia, hingga mimpi buruk. Alasannya karena mereka harus terus berhadapan dengan pasien yang terus bertambah hingga akhirnya sebagian meninggal dunia.


"Isolasi, ketakutan, ketidakpastian, dan gejolak ekonomi, ini semua berpotensi menyebabkan tekanan psikologis," kata Devora dilansir Reuters, Kamis (14/5). "Kesehatan mental dan kesejahteraan seluruh komunitas masyarakat telah sangat terkena dampak krisis ini dan harus segera ditangani."

Sementara itu, untuk menangani persoalan tentang kesehatan mental di Indonesia, penyedia layanan konsultasi psikologi Personal Growth siap menawarkan konsultasi gratis bagi masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi corona. Layanan konsultasi tersebut dilakukan secara online selama hari Senin-Jumat pada pukul 15.00-16.00 WIB.

"Personal Growth paham bahwa kondisi sekarang ini bisa mengganggu kondisi kesehatan mental kita. Oleh karena itu, sebagai bentuk kepedulian kami, Personal Growth menyediakan layanan konseling online gratis via chat yang akan dilayani oleh tim konselor profesional kami," kata Koordinator Counseling Center Personal Growth, Linda Setiawati, MPsi.

Metode konsultasi online dipilih sebagai cara untuk meminimalisir interaksi yang berisiko menularkan virus. Bagi yang membutuhkan atau ingin mencoba konsultasi tersebut, bisa langsung mengisi formulir disini.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait