Riri Riza Optimis Setelah Pandemi Covid-19 Industri Film Indonesia Akan Bangkit
Instagram/rizariri
Film

Riri Riza mengungkapkan pendapatnya soal dampak pandemi Covid-19 bagi industri perfilman Indonesia. Riri mengaku yakin bahwa pandemi Covid-19 tidak akan membuat industri film lumpuh.

WowKeren - Akibat pandemi Covid-19 berbagai aspek kehidupan manusia di bumi mengalami ngangguan. Salah satunya adalah aktivitas kreatif di industri perfilman Tanah Air. Persoalan itu pun diungkap oleh salah satu sutradara kenamaan Indonesia, Riri Riza.

Baru-baru ini, Riri Riza hadir pada Live streaming di akun Instagram @mblocspace. Dalam kesempatan tersebut, Riri membicarakan berbagai hal, mulai dari bagaimana dirinya memupuk ide kreatif dalam berkarya hingga seperti apa caranya dan Mira Lesmana bekerja sama membangun Miles Films. Seperti yang diketahui, Miles Film merupakan sebuah rumah produksi yang didirikan oleh Mira Lesmana pada Maret 1995.


Dalam kesempatan itu, Riri juga sempat ditanya soal dampak pandemi Covid-19 terhadap industri film Indonesia. Menurut sutradara dari film "Laskar Pelangi" itu, sineas film Indonesia harusnya menjaga agar ide kreatif tidak tumpul selama pandemi berlangsung. Riri kemudian membeberkan cara untuk tetap konsisten mengasah ide kreatifnya.

"Kita (sineas) itu, nomor satu, ide harus terus dilatih dan diuji. Memang pendekatan orang bisa beda-beda. Tapi, kalau saya, biasanya saya mencatat di buku jurnal. Saya catat apa yang saya pikirkan," tutur Riri pada Rabu (13/5).

Riri Riza merasa, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menulis semua kejadian menarik di kehidupan sehari-hari. Riri mengaku bahwa dirinya sering mengambil gambar yang terkait dengan idenya untuk kemudian dibuat jurnal. Kumpulan ide-ide tersebut lah yang nantinya akan disusun oleh Riri dan menghasilkan sebuah karya.

"Sekarang saya juga sering motret yang terkait dengan ide saya. Saya nanti foto, kemudian saya simpan, saya jadikan bagian dari jurnal yang saya tulis. Ya, mudah-mudahan, bisa jadi sesuatu," sambungnya.

Riri Riza merasa, ide kreatif para sineas film di Indonesia harus tetap dijaga selama pandemi Covid-19 berlangsung. Pria berusia 49 tahun itu yakin jika industri film Indonesia akan semakin hebat setelah pandemi Covid-19.

"Dulu sempat ada krisis '98. Tapi, begitu krisis itu berhasil dilewati, saya bikin film "Petualangan Sherina" yang kemudian sukses luar biasa. Karena, ketika situasi ini (pandemi Covid-19) sudah dilewati, kebutuhan hiburan jadi tinggi banget dan kita pasti akan keluar sebagai pemenang," pungkas Riri.

(wk/wahy)

You can share this post!