Birthday Spotlight: Happy IU Day
Selebriti

IU merayakan ulang tahun hari ini, 16 Mei. Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas perjalanan karier penyanyi sekaligus aktris kelahiran 1993 tersebut.

WowKeren - IU berulang tahun ke-28 (menurut perhitungan Korea) hari ini, 16 Mei. Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas perjalanan karier penyanyi sekaligus aktris kelahiran 1993 tersebut.

Untuk merayakan ulang tahun IU, para penggemar menggunakan tagar #지은아_스물에잇번째_생일축하해 (Jieun selamat ulang tahun ke-28). Mereka mengucapkan selamat ulang tahun dengan doa yang baik-baik.


IU lahir di Songjeong-dong, Seoul dengan nama Lee Jieun. IU menandatangani kontrak dengan Kakao M (sebelumnya LOEN Entertainment) pada 2007 sebagai trainee dan debut sebagai penyanyi pada usia lima belas tahun dengan albumnya, "Lost and Found".

Selain bekarier sebagai penyanyi, IU juga dikenal sebagai aktris. Ia debut melalui drama KBS "Dream High" pada 2011 dan membintangi sejumlah drama sebagai pemeran utama kemudian. Yuk intip seperti apa perjalanan karier IU mulai pra debut hingga kini!

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

IU tertarik untuk mengejar karier di industri hiburan sejak usia dan mulai menghadiri kelas akting. Saat masih SD, situasi keuangan keluarganya memburuk, dan mereka akhirnya pindah ke Uijeongbu di provinsi Gyeonggi. IU dan adik laki-lakinya tinggal terpisah dari orang tua mereka di ruang studio bersama nenek dan sepupunya selama lebih dari setahun dalam kondisi kemiskinan yang luar biasa. IU jarang berhubungan dengan orangtuanya selama periode waktu ini tapi merasa tenang di bawah asuhan neneknya.

Selama SMP, IU menemukan hasratnya untuk bernyanyi dan memutuskan untuk menjadi penyanyi setelah dipuji atas penampilan di kompetisi olahraga sekolahnya. Ia mengikuti 20 audisi tetapi gagal semuanya dan sempat ditipu perusahaan hiburan palsu. IU biasa berlatih di Good Entertainment bersama Uee, Yubin, Gayoon dan Hyosung. Setelah menandatangani kontrak dengan LOEN Entertainment pada 2007, ia pindah ke Bangbae, Seoul.

Sebelum debut, LOEN menciptakan nama panggungnya "IU", yang berasal dari frasa "I and You" untuk melambangkan kekuatan pemersatu musik antara orang-orang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Putri Dongduk pada 2012, IU memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliah seiring dengan karier menyanyinya.

2. Debut


Debut

Setelah pelatihan selama sepuluh bulan, IU merilis "Lost Child" sebagai single pertamanya. Ia menyanyikan lagu itu langsung untuk pertama kalinya di program musik "M! Countdown" Mnet pada 18 September 2008, menjadikannya debut sebagai penyanyi profesional.

Mengenai penampilannya, IU ingat bahwa orang banyak telah menghinanya. Meskipun awalnya merasa kecil hati karenanya, ia sekarang menganggapnya sebagai pengalaman yang bermanfaat.

"Lost Child" adalah single utama dari album debut "Lost and Found", yang dirilis pada 24 September 2008. Untuk album tersebut, IU dianugerahi "Rookie of the Month" oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan pada November 2008. Sayangnya album ini tidak berhasil dengan baik secara komersial.

Selama wawancara pada tahun 2011, IU berkata, "Album pertamaku gagal, tapi aku bersyukur untuk itu. Jika aku menjadi sukses segera setelah debut, aku tidak akan menghargai anggota stafku dan popularitasku yang kunikmati sekarang."

3. Puncak Karier


Puncak Karier

IU merilis "Nagging", duet bersama Seulong 2AM pada 3 Juni 2010. Single ini debut di dua belas di Gaon Digital Chart dan naik ke posisi nomor satu minggu berikutnya, di mana ia tetap selama tiga minggu. Lagu ini populer di program musik, di mana ia memenangkan penghargaan Mutizen di "Inkigayo" SBS dan berada di peringkat pertama di "Music Bank" KBS. Ini adalah awal puncak karier IU di dunia musik.

Untuk menjaga agar terus dikenal publik, IU bergabung dengan variety show "Heroes" yang ditayangkan mulai 18 Juli 2010 hingga 1 Mei 2011. Ia kemudian debut akting melalui "Dream High" sebagai Kim Pil Sook, seorang gadis sekolah yang pemalu dan kelebihan berat badan yang bercita-cita menjadi penyanyi profesional. Berkat perannya ini, ia memenangkan penghargaan aktris terpopuler saat itu.

IU telah menerima lebih dari 200 nominasi, memenangkan lebih dari 70 nominasi. Ia telah memenangkan sebelas Melon Music Awards, sembilan Gaon Chart Music Awards, lima Korean Music Awards, lima Mnet Asian Music Awards, lima Seoul Music Awards, dan tiga Golden Disc Awards. Ia juga telah memenangkan beberapa penghargaan di bidang akting seperti aktris pendatang baru terbaik di KBS Drama Awards 2014 untuk penampilannya dalam "You're the Best, Lee Soon Shin".

IU telah menerima lima penghargaan Daesang, juga dikenal sebagai penghargaan hadiah utama, dari berbagai acara penghargaan termasuk tiga penghargaan Daesang dari Melon Music Awards. Pada 2012, IU disebut sebagai salah satu orang paling berpengaruh di Korea Selatan oleh daftar Selebriti Kekuatan Forbes Korea. Selain itu, IU mendapat kehormatan di Penghargaan Budaya & Seni Pop 2015, yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea atas pengaruh dan keberhasilannya di industri musik.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara

IU menjalin hubungan asmara dengan penyanyi Jang Ki Ha selama kurang lebih empat tahun. Mereka pertama kali bertemu melalui siaran radio "SBS Power FM Jang Ki Ha" dan memulai hubungan pada 2013. Kemudian dua tahun kemudian, laporan media mengumumkan hubungan kencan mereka pada 2015.

Hubungan IU dan Jang Ki Ha terungkap setelah Dispatch melaporkan mereka telah berkencan. Keduanya telah meluangkan waktu untuk bertemu satu sama lain meskipun jadwal mereka sibuk.

Dilaporkan bahwa IU akan segera pergi menemui Jang Ki Ha setelah kembali dari perjalanannya ke Shanghai sebelum berlatih untuk pertemuan penggemar. Lokasi kencan mereka yang biasa adalah di rumah masing-masing. Rumah Jang Ki Ha berlokasi di Distrik Mapo dan IU di Distrik Yongsan, Seoul. Ketika keduanya tidak sibuk, menurut Dispatch, Jang Ki Ha akan menjadi orang yang pergi menemui IU.

Saat itu IU berusia 22 tahun dan Jang Ki Ha berusia 33 tahun. Terlepas dari perbedaan usia 11 tahun, mereka memiliki banyak hal untuk dibicarakan satu sama lain, terutama tentang musik. Menurut Dispatch, seorang kenalan keduanya memberi tahu mereka bahwa IU dan Jang Ki Ha terhubung melalui musik dan hubungan mereka secara alami berkembang menjadi hubungan yang romantis meski akhirnya kandas.

5. Kontroversi


Kontroversi

IU tersandung skandal setelah fotonya bersama Eunhyuk Super Junior muncul di Twitter pada November 2012. Dalam foto, Eunhyuk bertelanjang dada dengan IU, memicu rumor pacaran, dan bahkan spekulasi tentang pernikahan dan kehamilan mulai beredar dari orang ke orang.

IU kemudian mengakui kesalahannya dalam sebuah wawancara, mengatakan bahwa ia telah mengunggah foto secara tidak sengaja, dan membantah segala rumor kehamilan. Baik IU maupun Eunhyuk tidak pernah mengakui atau membantah memiliki hubungan setelah itu.

Saat itu IU mengatakan, "Aku sangat menyesal. Itu bukan sesuatu yang membuat hidupku sulit, tapi menjadi beban bagiku atau apa pun sehingga aku minta maaf kepada semua orang. Aku minta maaf."

IU kembali tersandung skandal pada 2015 kali ini terkait album ketujuhnya yang bertajuk "Chat-Shire". Dalam album, IU menciptakan lagu berjudul "Zeze" yang terinspirasi dari novel "Sweet Orange Tree". Lagu disebut-sebut menjurus ke arah pedofilia.

IU meminta maaf pada publik jika lagunya menimbulkan ketidaknyamanan, mengatakan bahwa ia sama sekali tidak bermaksud menulis lirik yang menjurus ke arah sensualitas seperti yang telah dituduhkan padanya.

Video klip lagu "Twenty Three" dalam album tersebut juga dituding memplagiat film "Lolita" yang bercerita tentang seorang pria dewasa yang jatuh cinta kepada seorang anak perempuan di bawah umur. Selain itu, beberapa pose IU dalam video klip juga dituding menggambarkan BDSM.

Masih dari album yang sama, salah satu foto konsep juga menarik perhatian karena dianggap memperkuat tema sensualitas dan pedofilia. Foto memperlihatkan IU yang sedang berbaring dengan tubuh tertutup selimut putih, sementara di atas kepalanya terlihat beberapa buku yang merujuk pada seksualitas.

Dalam urusan akting, IU sempat menuai kontroversi karena penampilannya dalam drama "Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo". Aktingnya sebagai pemeran utama mendapat kritikan dari netizen.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

IU baru saja merilis "Eight" yang merupakan kolaborasinya dengan Suga BTS (Bangtan Boys) pada 6 Mei. Ini mengikuti single IU sebelumnya "Twenty-three" (2015) dan "Palette" (2017) yang mewakili dari seri "coming-of-age" miliknya. Judul lagu ini berasal dari digit terakhir dari usia Korea "dua puluh delapan" dari kedua penyanyi.

Tahun ini IU juga membintangi film berjudul "Dream" besutan sutradara "Extreme Job" yang dibintanginya bersama Park Seo Joon dan Lee Hyun Woo. Film akan menceritakan kisah orang yang berpartisipasi dalam Piala Dunia Tunawisma. IU memerankan karakter Lee So Min, seorang PD yang bermimpi menemukan kesuksesan melalui film dokumenter tentang tim Hong Dae.

Penggemar mengharapkan lagu-lagu baru IU untuk tahun ini. Selain itu, ia diharapkan untuk kembali berakting membintangi drama setelah "Hotel Del Luna" tahun lalu.

You can share this post!

Related Posts