Masih 'Ngambek' Soal Corona, Trump Diisukan Bakal Cabut Semua Aliran Dana ke WHO
AP
Dunia

Sejak menghukum WHO bulan lalu, Donald Trump hanya merestui AS membayar sekitar 10% dari total alokasi dana ke organisasi tersebut. Kini Trump dikabarkan bakal benar-benar mencabut aliran dananya.

WowKeren - Beberapa waktu lalu Presiden Amerika Serikat Donald Trump sudah tegas menyatakan akan mengurangi aliran dana untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kini Trump dikabarkan kembali mempertimbangkan ulang kebijakan tersebut. Namun bukannya memikirkan untuk kembali membiayai WHO, Trump justru disebut-sebut akan benar-benar memutus aliran dana ke organisasi tersebut.

Isu ini muncul dari staf Gedung Putih anonim. Menurutnya, Trump hingga kini belum memberikan keputusan akhir tentang bagaimana kebijakan itu akan dieksekusi. Namun demikian Trump dikabarkan enggan menempuh opsi hanya mengurangi aliran dana alih-alih menghentikannya.

Sebagai informasi, saat ini, AS masih menghentikan sementara aliran dana ke WHO yang AS anggap tak becus dalam mengatasi wabah. Setelahnya muncul wacana AS akan kembali mengalirkan dana ke WHO namun dalam jumlah yang lebih sedikit.

Kini Trump justru berencana untuk memperpanjang masa "tidak membiayai" WHO ini. Namun hingga kini pihak Gedung Putih belum memberikan respons resmi terkait desas-desus yang beredar.


Informasi terakhir soal pendanaan WHO ini disampaikan sendiri oleh Trump lewat Twitter-nya. Menjawab jurnalis Fox Business Network, Lou Dobbs, Trump memastikan pihaknya hanya akan mengalirkan sekitar 10 persen dari total alokasi dana sebelumnya ke WHO.

"Lou, ini hanya satu dari sekian banyak rencana yang kami siapkan," jelas Trump, seperti dikutip dari Market Watch, Senin (18/5). "Kami akan membayar 10 persen dari total alokasi dana semestinya. Kami hanya ingin 'seimbang' dengan banyaknya dana yang Tiongkok alirkan ke WHO."

Sebagai pengingat, presiden yang juga konglomerat properti itu menilai WHO sudah menempuh jalan yang sangat salah dalam mengatasi pandemi COVID-19. "Kami akan memotong aliran dana ke WHO. Kami siap melakukan ini karena, seperti yang kalian tahu sendiri, mereka sudah melakukan hal yang salah," beber Trump pada Selasa (7/4) lalu.

Tak hanya itu, Trump juga menilai WHO terlalu "Cinasentris" alias condong ke Tiongkok dalam menangani wabah Corona. "Padahal kalian tahu WHO mendapat asupan dana terbesar dari Amerika Serikat, tetapi mereka sangat Cinasentris. Kami sangat menyadari hal itu," pungkas Trump.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait