Mahasiswa Protes UKT di Tengah Pandemi Corona, Tagar #UNYBergerak Jadi Trending
Nasional

Tak hanya itu, para mahasiswa juga menggaungkan tagar #bebaskanUKTUNY dan #DiesNatalis56UNY. Kedua tagar tersebut juga turut masuk dalam jajaran trending topic.

WowKeren - Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bergerak di media sosial. Para mahasiswa tersebut menggaungkan tagar #UNYBERGERAK hingga menjadi trending topic Indonesia pada Senin (18/5) malam.

Tak hanya itu, para mahasiswa juga menggaungkan tagar #bebaskanUKTUNY dan #DiesNatalis56UNY. Kedua tagar tersebut juga turut masuk dalam jajaran trending topic.

Trending Topic

Twitter

Usut punya usut, tagar ini merupakan gerakan mahasiswa untuk menyuarakan keprihatinan mereka soal transparansi uang kuliah tunggal (UKT). Berdasarkan unggahan Instagram UNY Bergerak, para mahasiswa mempertanyakan kemana UKT mereka dialokasikan selama pandemi corona.

Pasalnya, pandemi ini membuat kegiatan pembelajaran dilakukan via online dan tidak ada kelas tatap muka. Pandemi corona juga disebut mempengaruhi kegiatan organisasi mahasiswa dan penelitian.

"Semua terdampak wabah COVID-19. Kelas di-online-kan, kegiatan ormawa kelimpungan, penelitian macet di jalan," demikian kutipan unggahan tersebut. "Tapi bayar UKT tetap sama. Dialokasikan kemana? Dibelanjakan apa?"


Di Twitter, kritik terhadap birokrasi kampus pun mengalir. Akun @CampusBoys_UNY misalnya, menyebut bahwa pendidikan seharusnya tidak komersialisasikan.

"Orangtua menjerit, melihat UKT melejit," cuit akun tersebut. "Timbal balik kuota sedikit, dasar birokrasi pelit, akal sehat pun ikut sakit! "

UNY

Twitter

Kemudian ada akun @mahasiswauenyeh yang mengungkit banyaknya keluarga yang mengalami krisis di tengah pandemi corona. Hal ini diperberat dengan kewajiban membayar UKT.

"Pandemi gak tau sampai kapan, resesi di depan mata. Di banyak keluarga, krisis sudah dirasakan. Sedangkan kampus mau kita tetap bayar UKT," tulis akun tersebut. "Maaf pak, bu, mungkin lulusku ditunda. #bebaskanUKTUNY #UNYBergerak #DiesNatalis56UNY."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru