BNN Ungkap Modus Baru Pengiriman Narkoba Diselundupkan Di Mobil Sembako Bansos
Nasional

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah mengungkap modus baru pengiriman narkoba yang diletakkan pada mobil pengangkut sembako untuk bantuan sosial.

WowKeren - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah mengungkap modus baru pengiriman narkoba di masa pandemi corona. Baru-baru ini ditemukan sebanyak 200 gram sabu dan 500 butir ekstasi diselundupkan dari Jakarta ke Jawa Tengah menggunakan mobil pengangkut sembako bantuan sosial.

Semula Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Benny Gunawan menerangkan bahwa pelaku menggunakan boneka sebagai media untuk meletakkan narkoba untuk kemudian dibawa ke luar kota dengan mobil pick up yang mengangkut sembako. Modus tersebut lantas terungkap setelah polisi meringkus tersangka RS alias Sambungan dan SH alias Wezrex.

Keduanya merupakan warga Desa Panjang Wetan Kota Pekalongan. "Berbekal informasi dari masyarakat, kita lakukan penangkapan tersangka RS di rumahnya, ada barang bukti sabu dan ekstasi," kata Benny saat gelar perkara di kantornya, Selasa (19/5).


Dari tersangka RS akhirnya diketahui bahwa narkoba didapat dari tersangka SH, yang kemudian ditangkap di Batang. Polisi lantas mengembangkan penyelidikan hingga akhirnya ditemukan tersangka baru bernama Widodo alias DOK.

Ia merupakan salah satu napi yang masih menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Pati. "Terus kita kembangkan, keduanya ternyata dikendalikan oleh tersangka DOK, napi di Lapas Pati. Kita sinergikan dengan kemenkumham dan Lapas, berhasil kita seret tersangka DOK," papar Benny.

Lebih lanjut, DOK menerangkan bahwa narkoba yang dikirimkannya dibawa dari Jakarta dengan tujuan Pekalongan. Untuk mengelabuhi petugas di pos penyekatan mudik, narkoba sabu dan ekstasi dimasukkan ke dalam boneka dan dibawa oleh mobil pengangkut sembako untuk bansos.

"Saat masa pandemi dan larangan mudik, jaringan ini tak kehilangan akal," terang Benny. "Tentu saja, tidak ada kecurigaan dan polisi yang bertugas di Pos penyekatan tidak akan menduga ada boneka berisi narkoba. Yang dilihat pastinya hanya tumpukan beras."

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait