Situs Musik Melon Umumkan Perubahan Besar Untuk Sistem Chart, Apa Yang Berubah?
Musik

Pada hari ini, Selasa (19/5), Melon mengumumkan bahwa mereka akan membuat perubahan besar-besaran dalam sistem chart mereka. Perubahan paling besar diumumkan akan dilakukan pada grafik realtime.

WowKeren - Para penggemar musik Korea atau kerap disebut K-Pop tentu sudah tak asing dengan situs musik, Melon. Melon adalah layanan berlangganan musik terbesar di Korea Selatan dengan lebih dari 28 juta pengguna. Pengguna dapat melakukan streaming dan mengunduh musik dan video musik serta membuat nada dering khusus.

Pada hari ini, Selasa (19/5), Melon mengumumkan bahwa mereka akan membuat perubahan besar-besaran dalam sistem chart mereka. Perubahan paling besar diumumkan akan dilakukan pada grafik realtime.

Saat ini, top 100 chart realtime memperbarui setiap jam berdasarkan jumlah penggunaan per jam untuk setiap lagu. Dengan perubahan baru, bagan akan tetap diperbarui setiap jam, tetapi bagan itu akan dihitung berdasarkan jumlah unique listener selama 24 jam terakhir. Selain itu, nomor peringkat juga tidak akan ditampilkan dalam tampilan Melon.

Perubahan lain akan dilakukan bagi mereka yang menggunakan fitur "play all" dengan chart 100 teratas. Sebelumnya, fitur "play all" akan menambahkan 100 lagu teratas ke daftar putar pengguna dalam urutan bahwa lagu-lagu tersebut diberi peringkat pada grafik. Selain itu opsi "shuffle all" baru-baru ini juga ditambahkan pada awal Mei.


Dengan perubahan yang akan datang, lagu-lagu akan diacak secara default saat menggunakan fitur "play all". Melon menjelaskan bahwa perubahan ini dilakukan untuk mengurangi fokus pada kompetisi dan memungkinkan pengguna untuk menemukan beragam musik yang sedang tren.

Situs musik berencana untuk terus mencari lebih banyak ide untuk meningkatkan sistemnya. Pihak Melon menjelaskan bahwa sistem baru untuk chart ini diharapkan akan mulai berlaku musim panas ini.

Di sisi lain, Melon sendiri telah menjadi layanan konten musik terbesar di Korea Selatan dengan lebih dari 50 persen pangsa pasar melampaui Genie dari KT Music, Mnet.com dari CJ E&M dan Bugs Music dari NHN Entertainment. Melon menjadi salah satu dari "25 Aplikasi Terbaik Korea" dalam 2011 App Awards Korea.

Pada tahun 2010, Melon diluncurkan oleh SK Telecom di Indonesia, bekerjasama dengan Telkom Indonesia. Pada tahun 2016, Telkom Indonesia membeli semua saham yang sebelumnya dimiliki oleh SK Telecom setelah divestasi oleh SK Telecom dari semua bisnis Melon, sehingga menjadikan Melon Indonesia sebagai perusahaan Indonesia.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait