Kebun Binatang Surabaya Pastikan Kondisi Satwa Sehat Meski Tutup 2 Bulan Akibat Pandemi
Nasional

Direktur Utama PDTS KBS Chairul Anwar memastikan meski kebun binatang sudah ditutup dua bulan namun satwa di sana tetap mendapat perawatan sesuai dengan animal welfare.

WowKeren - Kebun Binatang Surabaya (KBS) membeberkan kondisi koleksi satwa mereka. Seperti diketahui, KBS telah ditutup sejak 2 bulan lalu sebagai imbas dari penyebaran virus corona (COVID-19).

Kebun binatang ini sudah tutup sejak 17 Maret lalu. Meski demikian, KBS memastikan jika kondisi satwa dalam keadaan sehat. Direktur Utama PDTS KBS Chairul Anwar menuturkan hingga sampai saat ini satwa-satwa tersebut tetap mendapat perawatan sebagaimana mestinya.

"Alhamdullilah kondisi satwa di KBS saat ini dalam keadaan baik, sehat, dan fresh seperti layaknya mereka hidup di habitatnya," kata Chairul, Selasa (19/5). "Karena KBS sampai detik ini tetap menjalankan SOP dalam melakukan pengelolaan satwa sesuai standar animal welfare."

Kepala Humas PDTS KBS Wini Hustiani menyampaikan semua jajaran fungsional dan struktural telah bekerja untuk merawat satwa di KBS sesuai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dengan tetap menjamin kesejahteraan satwa. Dengan ditutupnya KBS dari pengunjung, hal itu membuat perawat bisa lebih intensif dalam melakukan pengamatan dan memperhatikan kondisi kesehatan satwa.


"Kondisi penutupan ini memberikan kesempatan bagi seluruh jajaran," ujar Wini. "Terutama perawat satwa dan tim kesehatan lebih intensif dalam melakukan pengamatan perilaku harian dan lebih fokus memperhatikan kondisi kesehatan dan kesejahteraan satwa."

Penutupan membuat pemasukan KBS juga menjadi berkurang. Selama dua bulan tidak mendapat pemasukan, pihak pengelola melakukan sejumlah langkah efisiensi. Misalnya dengan menghemat air dan listrik.

Wini menyampaikan apresiasinya terhadap perhatian masyarakat yang menawarkan bantuan untuk para satwa tersebut. "Kami sangat mengapresiasi perhatian masyarakat yang menawarkan bantuan maupun memberikan perhatian terhadap kondisi satwa yang ada di KBS. Saat ini kondisi satwa di KBS dalam kondisi baik dan sehat," pungkasnya.

Kondisi semacam ini tak hanya dialami oleh KBS namun juga sejumlah kebun binatang di Indonesia. Pemasukan yang hilang imbas penutupan membuat pihak pengelola harus memutar otak agar lembaga konservasi bisa tetap bertahan di tengah pandemi.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel