Ajang Penghargaan Oscar 2021 Kemungkinan Bakal Ditunda Akibat Corona
The Academy
Film
Pandemi Virus Corona

Pihak Academy Of Motion Picture Arts And Sciences selaku penyelenggara Oscar mengatur ulang jadwal pelaksanaan ajang tersebut. Ini menjadi yang pertama terjadi selama 93 Tahun Oscar digelar.

WowKeren - Ajang penghargaan tertinggi di dunia film yakni Academy Awards alias Oscar tahun depan tampaknya kemungkinan besar akan dibatalkan. Pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Oscar membuka kemungkinan pembatalan ajang tersebut. Hal ini menjadi yang pertama kali terjadi selama 93 tahun ajang prestisius tersebut digelar.

Pengumuman ini tak lain disebabkan karena adanya pandemi virus corona (COVID-19) yang memberikan dampak buruk bagi sejumlah industri, termasuk perfilman. Bukan hanya berimbas pada gagalnya proses syuting maupun penundaan tanggal rilis sejumlah proyek, beberapa event tahunan pun terpaksa dibatalkan.

"Kemungkinan acara itu akan ditunda," kata sumber, dikutip dari Variety pada Rabu (20/5). Sedianya, Oscar 2021 kemungkinan besar digelar pada 28 Februari 2021 dan disiarkan di saluran televisi ABC.

Sumber tersebut tak menjelaskan lebih lanjut rencana penundaan itu, termasuk tanggal penggantinya. Namun, seorang sumber lain memastikan bahwa Oscar 2021 tetap akan disiarkan di ABC.


Pada bulan April lalu, AMPAS juga sudah mengubah aturan kelayakan untuk Oscar 2021 setelah pandemi virus corona membawa dampak ke industri perfilman. Mereka menangguhkan sementara syarat penayangan film di bioskop untuk kelayakan lolos seleksi, dan ingin menunda ajang tersebut selama sekitar empat bulan.

Dengan lumpuhnya industri sinema, maka sudah tentu tak ada katalog film selama pandemi berlangsung. Banyak rumah produksi yang memilih memundurkan jadwal tayangnya hingga tahun depan yang mana membuat box office tahun ini jadi lebih sepi dari biasanya.

"Pihak Oscar sudah berbicara soal kapan mereka akan menggelar acara tersebut karena banyak rilis film yang ditunda. Mereka pun memilih untuk memundurkan acara tersebut, yang mana biasanya dilakukan pada 28 Februari menjadi Mei atau Juni. Hal ini membuat film-film yang menunda jadwal tayangnya masih berhak dan dapat masuk ke dalam Oscar," ujar salah seorang sumber.

Sebelum mengeluarkan pengumuman ini, beberapa waktu lalu Oscar juga telah mengubah peraturan mereka dengan memasukan film-film yang dirilis di layanan streaming agar tetap bisa bersaing di ajang tersebut. Seperti yang terjadi pada beberapa film Netflix dan juga "Birds of Prey and the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn" yang diperankan si cantik Margot Robbie.

Sedangkan sejumlah proyek film yang telah dikonfirmasi menunda jadwal tayang di antaranya adalah "Black Widow", "Mulan", "The New Mutants", dan "Antlers" dari Disney, lalu ada "F9" dari Universal Pictures, "A Quiet Place Part II" dari Paramount Pictures, "No Time To Die" dari MGM, "My Spy" dari STX Entertainment, dan "Peter Rabbit 2: The Runaway" dari Sony.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts