Sering Dijadikan Takjil Berbuka Puasa, Yuk Intip 8 Manfaat Melon Untuk Kesehatan Kalian!
Health
Puasa Di Tengah Corona

Selain rasanya yang nikmat, melon juga memiliki banyak nilai gizi loh. Karena kadungan gizi yang melimpah ini, tak heran jika melon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja?

WowKeren - Masyarakat Indonesia tentunya sudah enggak asing lagi dengan buah melon. Buah yang memiliki rasa manis dan segar ini kaya akan kadungan airnya sehingga jadi salah satu menu takji favorit ketika bulan puasa Ramadan tiba.

Selain itu, melon juga mudah dikreasikan dengan berbagai bahan makanan atau minuman lain sehingga penikmatnya tak akan pernah bosan. Selain rasanya yang nikmat, melon juga memiliki banyak nilai gizi loh.


Buah ini kaya akan berbagai mineral, sangat rendah kalori dan lemak. Buah ini merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, (100 g menyediakan 3382 IU atau sekitar 112% dari tingkat harian yang disarankan) salah satu yang tertinggi di antara buah cucurbita. Vitamin A mengandung antioksidan yang tinggi dan sangat penting untuk penglihatan yang sehat.

Karena kadungan gizi yang melimpah ini, tak heran jika melon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 8 manfaat buah melon untuk kesehatan kalian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh


Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Buah melon memang terbukti menyegarkan, apalagi jika kalian konsumsi setelah berolahraga atau saat dalam keadaan lelah setelah. Hal ini karena sebagian besar kandungan buah melon terdiri dari air dan elektrolit yang membantu kalian mencukupi kebutuhan cairan dan terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, melon juga cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu hamil yang berpuasa pasti akan mengalami dehidrasi. Dan hal ini tentu akan berdampak buruk bagi ibu dan janin dalam kandungan. Dengan mengonsumsi melon selama puasa ternyata bisa membantu mencegah dehidrasi.

2. Jaga Kesehatan Pencernaan


Jaga Kesehatan Pencernaan

Selain dikenal dengan kandungan vitamin C, buah melon juga kaya akan serat di dalamnya. Sementara itu, serat merupakan komponen penting dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat makanan, terutama serat larut seperti pektin, yang terkandung pada melon sangat tinggi.

Serat ini dapat membantu menghilangkan sembelit, membuat buang air besar menjadi lancar dan mampu mengatasi masalah gastrointestinal (pencernaan) lainnya. Serat terlarut yang terkandung dalam buah melon membuat kita merasa kenyang, sehingga kita tak perlu makan berlebihan.

3. Makanan Ideal Untuk Diet


Makanan Ideal Untuk Diet

Seperti yang dikatakan bahwa melon mengandung sejumlah serat yang membantu mengatur pencernaan serta menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan. Pencernaan yang baik, biasanya berhubungan juga dengan buang air secara teratur. Artinya, dengan makan buah melon, bisa mengurangi kemungkinan adanya masalah pencernaan, seperti sembelit contohnya.

Selain itu, melon juga merupakan buah yang rendah kalori. Manfaat buah melon ini akan banyak membantu tubuh untuk menjaga kestabilan berat badan, serta menghindari tubuh dari penyakit-penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi bahkan hingga kanker.

4. Tingkatkan Sistem Imun


Tingkatkan Sistem Imun

Melon memang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, vitamin A, serta karotenoid dan bioflavonoid. Semua zat tersebut bersifat antioksidan sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Itulah mengapa mengonsumsi buah melon dapat melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit termasuk kanker. Lebih khusus, melon juga mengandung senyawa organik yang telah dikaitkan langsung dengan pengurangan kanker paru-paru, mulut, usus besar, dan payudara.

5. Menyehatkan Tulang


Menyehatkan Tulang

Melon juga diketahui mengandung folat, vitamin K, dan magnesium yang terbukti mampu menguatkan tulang. Folat, misalnya, dapat menghancurkan enzim homosistin yang dapat mengurangi kepadatan tulang jika terkadung terlalu banyak di dalam tubuh.

Sementara vitamin K pada melon dapat meningkatkan produksi protein dalam tulang yang disebut osteokalsin. Melon juga mengandung nutrisi lain yang juga dibutuhkan oleh tulang, seperti kalsium, fosfor, dan zinc, tapi jumlahnya sangat kecil.

6. Menormalkan Gula Darah


Menormalkan Gula Darah

Meski memiliki rasa yang manis, namun melon justru berguna untuk menormalkan gula darah. Konsumsi melon secara rutin terbukti mampu menjaga kadar gula darah tetap normal. Bahkan, kalian memiliki peluang terhindari dari diabetes 12 persen lebih besar dibanding orang yang jarang makan buah melon.

Memang, karbohidrat dalam melon dapat meningkatkan kadar gula darah sementara. Namun kandungan serat dan nutrisi lain di dalam buah melon mampu menjaga kadar gula darah kalian tetap normal dalam jangka panjang.

7. Bantu Mempercantik Kulit


Bantu Mempercantik Kulit
Pexels

Manfaat buah lemon lainnya berhubungan dengan kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya, yakni menyehatkan kulit. Vitamin C dapat mendorong produksi kolagen yang berperan dalam regenerasi kulit. Konsumsi 177 gram melon per hari diklaim bisa memenuhi 53 persen kebutuhan vitamin C harian Anda.

Perharinya, kalian bisa mengonsumsi satu cangkir melon, yang sama dengan kebutuhan harian vitamin C kalian. Selain itu, Vitamin C juga berguna untuk tubuh, karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang.

8. Mengurangi Stres


Mengurangi Stres

Melon kaya akan potassium yang dapat menormalkan detak jantung dan meningkatkan suplai oksigen ke otak, sehingga membuat kalian merasa lebih rileks dan fokus. Selain itu melon mengandung superoksida dismutase yang dapat memerangi stres dengan menurunkan tekanan darah dan menenangkan saraf. Ini sekaligus mencegah kematian sel akibat stres oksidatif.

Melon juga mengandung vitamin B-6 yang berfungsi sebagai koenzim, enzim yang berguna untuk mengaktifkan proses kimia. Enzim ini digunakan salah satunya untuk memetabolisme protein. Vitamin B-6 dalam buah melon, penting untuk merangsang sistem saraf serotonin, neurotransmitter yang membantu mengatur mood dan membuat tidur kalian lebih nyenyak.

Intip juga yuk beberapa tips diet saat puasa dengan baik dan benar dalam artikel berikut. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips tetap bugar selama berpuasa agar tubuh tidak mudah lemas.

You can share this post!

Related Posts