Cegah Penyebaran Virus Corona, PT KAI Pastikan Protokol Kesehatan di KRL Sudah Berjalan
Nasional

Dirut Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo telah memastikan jika operasional kereta commuter line (KRL) Jabodetabek telah menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

WowKeren - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo memastikan bahwa operasional kereta commuter line (KRL) Jabodetabek telah menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus COVID-19. Salah satu protokol kesehatan yang wajib dipenuhi adalah mengatur jarak fisik antar penumpang dalam gerbong kereta sejak diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kereta commuter pada umumnya di situasi biasa itu bisa menampung 200 penumpang ada yang duduk ada yang berdiri dalam situasi seperti ini kami menerapkan protokol 1 kereta hanya terisi 60 sampai 70 orang," ujar Didiek dalam Dialog Respon COVID-19 yang digelar BNPB, Kamis (21/5).

Selain itu, jarak duduk dan berdiri antar penumpang juga diatur dengan memberikan tanda atau gambar area untuk duduk dan berdiri. "Apabila ini melebihi, para petugas kami siap mengatur penumpang ke kereta lainnya," imbuhnya.

Manajemen stasiun commuter line juga telah ditugaskan untuk melarang masuk setiap penumpang yang tak memakai masker. "Kalau ada yang tidak pakai masker akan diberi masker. Kemudian sebelum kereta itu diberangkatkan, kami bersihkan dengan cara semprot terlebih dahulu sehingga pegawai kami front liner hingga saat ini masih tetap sehat dan bisa melayani dengan baik," tuturnya.


Lebih lanjut, petugas juga akan melakukan pengecekan suhu tubuh para penumpang menggunakan thermal scanner. Jika kondisi suhu tubuh penumpang tinggi maka yang bersangkutan akan dibawa ke tempat isolasi yang telah disediakan di stasiun.

Untuk memastikan tidak adanya penumpukan penumpang dan antrean di stasiun, operator stasiun juga telah diminta untuk memberangkatkan kereta di stasiun-stasiun ujung lebih awal, yakni sekitar pukul 04.00 WIB. Kebijakan ini diambil setelah terjadinya penumpukan penumpang di stasiun Bogor ketika operasional commuter Line dibuka pukul 06.00 WIB di awal penerapan PSBB.

"Kebiasaan para penumpang kami di stasiun ujung itu memang bersiap sejak jam 4 pagi, setelah kami berkonsultasi dengan gugus tugas dan Kementerian Perhubungan maka kereta commuter kami berangkat lebih awal," jelasnya.

Dengan adanya aturan tersebut, Didiek berharap agar warga Jabodetabek yang menggunakan commuter line hanya lah orang-orang yang mendapat pengecualian untuk bisa tetap ke kantor.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait