Sebuah Mal Di Bangkok Modifikasi Tombol Lift Dengan Pedal Demi Cegah Penularan Corona
Instagram/seaconsquare
SerbaSerbi
Pandemi Virus Corona

Salah satu mal di Bangkok, Thailand memodifikasi tombol lift dengan pedal. Inovasi tersebut dibuat agar para pengunjung mal lebih aman dari penularan wabah virus corona.

WowKeren - Salah satu mal di Thailand membuat inovasi baru sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona. Mal Seacon Square di Bangkok memodifikasi tombol-tombol lift yang biasa dioperasikan dengan tangan menjadi pedal.

Inovasi tersebut diciptakan karena tangan dianggap sebagai media yang paling sering menularkan virus. Pedal-pedal itu dipasangkan pada bagian bawah dalam dan luar lift.


Lantas untuk mengoperasikannya, pengunjung harus menginjak nomor yang tertera pada pedal sesuai lantai yang akan mereka tuju. Mengutip dari Channel News Asia, lift dengan pedal kaki tersebut mulai dipasang minggu ini.

Awalnya pengunjung mal terkejut dan bingung bagaimana cara kerja lift yang menggunakan pedal bukan dengan tombol seperti pada umumnya. Namun rupanya inovasi ini disambut baik karena mereka bisa meminimalisir penularan virus ke tangan.

"Kerja yang bagus dalam menyiapkan in semua. Saya merasa lebih aman karena kita menggunakan tangan untuk melakukan berbagai hal sepanjang waktu," kata salah satu pengunjung. "Sekarang kita bisa menggunakan kaki untuk memencet lift, benar-benar bagus," komentar pengunjung yang lain.

Salah satu petinggi Seacon Development bernama Prote Sosothikul mengatakan bahwa pedal kaki yang dipasang di luar dan dalam lift akan membuat pengunjung merasa lebih aman. Pasalnya penularan virus Covid-19 paling banyak terjadi melalui sentuhan tangan.

Sebuah Mal Di Bangkok Modifikasi Tombol Lift Dengan Pedal Demi Cegah Penularan Corona

Instagram

"Cara termudah untuk terinfeksi virus adalah ketika kamu menyentuh benda yang telah terkontaminasi," jelas Prote Sosothikul. "Lalu secara tak sadar menyentuh wajahmu dan virus akan masuk ke mulut, mata, atau apapun. Jadi kami memikirkan ide dengan lift bebas tangan yang dioperasikan dengan kaki."

Untuk diketahui, Thailand telah membuka mal dan department store pada Minggu (17/5) pertama kalinya sejak pemerintah memberlakukan pembatasan sosial pada Maret 2020. Kini Thailand memasuki fase kedua pelonggaran aturan lockdown lantaran angka kasus virus corona terus menurun.

(wk/lail)

You can share this post!

Related Posts